Kamis, 25 April 2024

Presiden Minta Pemda Segera Keluarkan Anggaran yang Ditunggu Masyarakat

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Joko Widodo Presiden memberikan keterangan terkait vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 12-17 tahun, Senin (28/6/2021), di Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden menyoroti realisasi belanja daerah dan bantuan sosial yang masih rendah di tengah situasi ekonomi akibat Pandemi Covid-19 yang dihadapi masyarakat.

Terutama berkaitan dana bantuan sosial, bantuan UMKM, juga Dana Desa. Karena berdasarkan data yang presiden terima realisasinya belum maksimal.

“Padahal kita sekarang ini butuh sekali. Rakyat butuh sekali. Rakyat menunggu. Sehingga saya minta ini agar segera dikeluarkan. Perlindungan sosial ada anggaran, di catatan saya, Rp12,1 triliun. Realisasi juga baru Rp2,3 triliun. Belum ada 20 persen semuanya. Padahal rakyat menunggu ini,” ujarnya.

Presiden menyampaikan itu saat memberikan arahan yang ditujukan kepada kepala daerah se-Indonesia yang ditayangkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, dikutip Antara di Jakarta, Senin (19/7/2021) malam.

Berkaitan anggaran UMKM untuk seluruh daerah. Jokowi mencatat, total ada Rp13,3 triliun. Sementara yang tersalurkan baru sebesar Rp2,3 triliun.

Demikian halnya dengan Program Dana Desa yanh mana jumlah totalnya mencapai Rp72 triliun.

Menurut Jokowi, dari total jumlah itu, sebesar Rp28 triliun dialokasikan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa. Tetapi realisasi yang sudah disalurkan baru Rp5,6 triliun atau kurang dari 25 persen.

“Ini yang saya minta semuanya dipercepat. Sekali lagi, dengan kondisi seperti ini, percepatan anggaran sangat dinanti oleh masyarakat,” katanya.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs