Jumat, 3 Desember 2021

Presiden Pasang Target Akhir Tahun Ini 70 Persen Penduduk Sudah Mendapat Vaksin Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden melihat langsung pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat dari rumah ke rumah, di Gang Kampung Pesilat, Kelurahan Krajan, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Kamis (19/8/2021). Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden menargetkan akhir tahun 2021 Penduduk Indonesia yang sudah menerima suntikan vaksin Covid-19 mencapai 70 persen dari target.

Dalam kunjungan kerja di Kota Tarakan, Kalimantan Utara, siang hari ini, Selasa (19/10/2021), Presiden bilang pemerintah terus berupaya meningkatkan jumlah peserta program vaksinasi.

Salah satu yang gencar dilakukan untuk mempercepat tercapainya kekebalan kelompok adalah program vaksinasi dari rumah ke rumah yang diinisiasi Badan Intelijen Negara (BIN).

“Jadi, petugas vaksin (vaksinator) datang dari rumah ke rumah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Itu memudahkan masyarakat mendapatkan vaksin yang secepat-cepatnya,” ucap Jokowi.

Selain di Kalimantan Utara, pelaksanaan vaksinasi dari rumah ke rumah hari ini, juga berlangsung serentak di daerah Kalimantan Tengah, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah, NTB, Sulawesi Tengah, dan Gorontalo.

Presiden menambahkan, program vaksinasi door to door hari ini saja menargetkan 70 ribu peserta, terdiri dari 30 ribu masyarakat umum, dan 40 ribu pelajar SMP, SMA, SMK, dan para santri.

Sebelumnya, Jokowi meningkatkan target vaksinasi harian dari dua juta orang pada Agustus 2021, menjadi 2,5 juta orang penerima suntikan per hari mulai akhir September 2021.

Untuk itu, Presiden memerintahkan kementerian/lembaga terkait mengerahkan seluruh sumber daya supaya target segera tercapai.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, sampai sekarang Penduduk Indonesia yang sudah mendapat suntikan vaksin Covid-19 dosis pertama sebanyak 109,5 juta orang (52,6 persen) dari target.

Sementara penduduk yang sudah menerima vaksin dosis kedua baru sekitar 64,3 juta orang (30,9 persen) dari total target sekitar 208 juta orang yang tersebar di berbagai penjuru Tanah Air.(rid/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Jumat, 3 Desember 2021
29o
Kurs