Jumat, 29 Maret 2024

Prof. Akhmad Muzakki: Guru Adalah Pengendali Perubahan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pelepasan mahasiswa PPG Daljab UKWMS dilaksanakan secara daring. Foto: Humas UKWMS

Di masa pandemi, pendidikan pada jenjang apapun harus tetap berjalan, termasuk para guru yang mengikuti program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FKIP UKWMS) menjadi satu diantara institusi yang diberikan mandat untuk menyelenggarakan program PPG.

Dalam yudisium pelepasan mahasiswa, Sabtu (13/3/2021) digelar seminar kebangsaan.

Hadir secara daring sebagai narasumber Prof. Akhmad Muzakki, M.Ag, Grad.Dip.SEA, M.Phil., Ph.D., Ketua Dewan Pendidikan Jawa Timur. Materi yang disampaikan mengusung tema Menjadi Guru Indonesia yang Tangguh dan Kreatif di Tengah Pandemi. Kondisi pandemi saat ini melahirkan perubahan dalam banyak hal, dan perubahan yang terjadi pasti menimbulkan disrupsi.

“Guru sebagai pelaku penting penyelenggara pendidikan, penting untuk diharapkan guru sebagai pengendali perubahan. Jangan sampai menjadi penumpang perubahan, karena kalau tidak akan diombang-ambingkan perubahan. Posisi guru menjadi penting sekali untuk memberikan arah pada perubahan yang terjadi di masyarakat,” terang Muzakki.

Kondisi pandemi Covid-19 yang belum berakhir, lanjut Muzakki menjadikan proses belajar tatap muka berpindah ke rumah. Agar anak didik tidak kehilangan momen pembelajaran, ada tiga tips mengajar di masa pandemi. Yaitu, jaga motivasi belajar siswa, libatkan siswa dalam kegiatan, dan dekatkan siswa dengan keseharian.

“Tugas kita di era pandemi sebagai guru harus mempertahankan jati diri sebagai teladan, guru yang professional harus menghadirkan keteladanan untuk menghantarkan anak didik kita meraih masa depannya,” tambah Muzakki.

Pendidikan Profesi Guru (PPG) UKWMS telah meluluskan tiga angkatan dengan jumlah lulusan sebanyak 82 orang, yang berasal dari beberapa provinsi diantaranya Jawa Timur, Jawa Tengah, Lampung, Bali, dan juga Nusa Tenggara Timur (NTT).

Untuk itu, FKIP UKWMS menggelar yudisium sekaligus pelepasan untuk ketiga angkatan, yang dilanjut dengan Seminar Kebangsaan. Dengan satu diantaranya menghadirkan nara sumber Prof. Akhmad Muzakki, M.Ag, Grad.Dip.SEA, M.Phil., Ph.D., Ketua Dewan Pendidikan Jawa Timur.

“Seminar ini diharapkan dapat memantapkan kompetensi, memotivasi, dan menjadi bekal bagi para lulusan dalam menjalankan profesinya sebagai guru kedepannya,” papar Prof. Dr. Agustinus Ngadiman Ketua Program Studi PPG UKWMS. Melalui kegiatan yudisium dan pelepasan ini, para alumni PPG menyampaikan terima kasih yang begitu besar kepada seluruh dosen dan staf di FKIP UKWMS.

“Kami mengapresiasi para dosen, staf di PPG dan UKWMS karena begitu tanggap dengan keluhan atau kesulitan yang kami sampaikan. Bahkan mereka tidak segan untuk membantu memberikan solusi serta memfasilitasi kami,” kata Didik Juliawan satu diantara peserta yudisium PPG angkatan kedua.(tok/ras)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs