Rabu, 19 Januari 2022

Puncak Pengesahan UMK, Grahadi Jadi Lautan Buruh

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Massa buruh sudah bergerak ke Grahadi dalam demo yang digelar Selasa (30/11/2021). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Massa buruh berdatangan ke Jl Gubernur Suryo Surabaya depan Gedung Negara Grahadi dalam demo yang digelar hari ini, Selasa (30/11/2021). Diperkirakan sekitar 50ribu buruh mulai dari Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Mojokerto, Pasuruan, Jombang, Kediri, Tuban, Probolinggo, Jember hingga Banyuwangi akan berkumpul di sekitar Grahadi.

Mereka mengendarai kendaraan roda dua, roda empat, truk dan hingga bus.

Hingga sore ini buruh masih terus berdatangan. Mereka tetap menolak upah minimum provinsi (UMP) 2022 dan menuntut kenaikan UMK 2022.

Jazuli, juru bicara Gerakan Serikat Pekerja (Gasper) mengatakan aksi hari ini akan dipusatkan di Grahadi. Massa aksi dari berbagai daerah kumpul terlebih dahulu di Cito Mall, kemudian bergerak bersama menuju Grahadi.

Massa buruh sudah tiba di Jl. Gubernur Suryo Surabaya depan Gedung Negara Grahadi dalam aksi demo yang digelar Selasa (30/11/2021). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Jazuli mengungkapkan, aksi dengan massa dalam jumlah besar tersebut sebagai respon atas tidak hadirnya Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim, dalam aksi yang digelar kemarin, Senin (29/11/ 2021).

“Buruh kecewa dengan sikap Gubernur Khofifah yang tidak aspiratif. Pada aksi hari Senin, 29 November 2021 kemarin Khofifah tidak berkenan menemui puluhan ribu buruh yang melakukan aksi demonstrasi,” ucapnya.

Apabila tidak ditemui Khofifah lagi, kata Jazuli, para buruh tetap menyuarakan agar kenaikan UMK 2022 ditetapkan menggunakan Undang-undang (UU) Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan.

“Hentikan politik ulah murah untuk menarik investasi tetapi buruh dieksploitasi. Tetapkan UMK dan UMSK tahun 2022 di Jatim mengacu kepada ketentuan UU nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan,” jelasnya.

Hingga pukul 16.00 WIB, demo masih berlangsung dan belum mendapatkan respon dari Khofifah Indar Parawansa.(man/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Rabu, 19 Januari 2022
25o
Kurs