Kamis, 24 Juni 2021

Ramai Pengunjung, Polres Tanjung Perak-Satpol PP Rapid Test Dadakan di Kenpark Surabaya

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
rapid-test-dadakan-di-Kolam-Kenpark-Kenjeran Sejumlah petugas gabungan bersama petugas medis menggelar rapid test antigen dadakan di kolam renang Kenpark, Kenjeran, Surabaya, Jumat (14/5/2021). Foto: Istimewa

Pada hari kedua lebaran, Jumat (14/5/2021), masyarakat ramai-ramai mendatangi sejumlah tempat wisata, mal, juga sejumlah pusat kuliner di Surabaya. Mereka memanfaatkan waktu libur lebaran di tengah kebijakan larangan mudik dari pemerintah.

Seperti yang terjadi di Kenjeran Park (Kenpark) Surabaya, salah satu destinasi wisata di wilayah Surabaya Utara. Sejak siang, menurut pantauan Polres Pelabuhan Tanjung Perak, pengunjung memadati kawasan Kolam Renang Kenpark.

Sekitar pukul 17.30 WIB, petugas gabungan dari Polres Pelabuhan Tanjung Perak, juga Satpol PP Surabaya dan Badan Penanggulangan Bencana dan Perlindungan Masyarakat mendatangi lokasi.

Para petugas ini mengajak serta sejumlah tenaga medis untuk melakukan tes usap cepat (rapid tes) antigen secara acak terhadap pengunjung kolam renang Kenpark.

Kompol Eko Nur Wahyudiono Kepala Bagian Operasional Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menyampaikan itu ketika mengudara di Radio Suara Surabaya Jumat petang.

“Betul, kami melaksanakan rapid test dadakan bagi pengunjung Kenpark, untuk menjaga Surabaya. Kami punya kewajiban itu, dan kami tidak ingin terjadi seperti apa yang dialami di India,” ujarnya.

Menurutnya, pengunjung Kolam Renang Kenpark cukup ramai pada hari kedua lebaran ini. Selain itu, menurutnya, mereka tidak menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan terjadi kerumunan.

“Di luar diterapkan protokol kesehatna. Tapi ketika sudah masuk di dalam, mereka lepas masker, terus dempet-dempetan, berkerumun.
Itu yang kami takutkan, sehingga kami harus melakukan uji swab ini. Jangan sampai nanti Covid-19 ada di Kenpark,” katanya.

Pelaksanaan tes usap antigen secara mendadak di Kenpark itu, kata Eko, adalah masukan dari Kepala Satpol-PP Kota Surabaya kepada Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak.

Total ada sebanyak 104 orang pengunjung yang diminta menjalani tes usap antigen pendeteksi Covid-19. Untuk sementara waktu sampai petang tadi, Eko menyatakan, tidak ada pengunjung yang dinyatakan positif Covid-19.

“Namun, kami sebagai bagian dari Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Surabaya akan selalu melakukan pemeriksaan di lokasi-lokasi wisata yang secara kasat mata tidak disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya.

Selain menjalankan pengawasan dan antisipasi kerumunan di tempat-tempat yang berpotensi kerumunan tanpa pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat, Polres Pelabuhan Tanjung Perak terus melakukan penyekatan di Tol Suramadu.

“Kami tetap melakukan penyekatan di Suramadu. Hari ini sudah kami tambah personelnya untuk melakukan pengetatan sampai waktu yang sudah ditentukan. Satpol-PP dan Linmas juga sudah menurunkan tambahan personel,” katanya. (den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran di Tanjungsari

Kemacetan di Tol Waru arah Dupak

Gerhana Bulan Total di Waru

Surabaya
Kamis, 24 Juni 2021
29o
Kurs