Kamis, 25 April 2024

Rektor dan Pejabat Rektor Untag Akhirnya Dilantik Tanpa Intervensi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Rektor dan Wakil Rektor serta Pejabat Struktural Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya periode 2021-2025. Foto: Totok suarasurabaya.net

Akhirnya, Rektor dan Wakil Rektor serta Pejabat Struktural Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya periode 2021-2025 dilantik tanpa intervensi dari kelompok atau golongan tertentu.

Pelantikan itu digelar secara hibrida (daring dan luring) berpusat di Graha Wiyata lantai 2 Untag Surabaya dengan bantuan aplikasi Zoom Meeting, Sabtu, (28/8/21).

Berdasarkan informasi yang diterima suarasurabaya.net, sebelumnya beredar kabar akan ada intervensi dari kelompok tertentu yang berkepentingan dengan pelantikan itu.

Drs. Ec. Mangapul Silalahi Ketua Yayasan Perguruan 17 Agustus 1945 (YPTA) Surabaya menegaskan bahwa keputusan pelantikan ini sudah melalui sejumlah tahap.

Mulai dari sosialisasi, pendaftaran bakal calon, seleksi administrasi, pembekalan, fit and proper test, sampai akhirnya yayasan memutuskan penetapan secara definitif.

Penetapan para pejabat baru Untag ini pun sudah tertuang dalam Surat Keputusan YPTA Surabaya yang secara resmi memberi amanah kepada Prof. Dr. Mulyanto Nugroho sebagai Rektor.

Di dalam surat itu juga diamanatkan kepada Harjo Seputro untuk menjabat sebagai Wakil Rektor I dan Dr. Abdul Halik sebagai Wakil Rektor II Untag Surabaya periode 2021-2025.

“Pemilihan Rektor dan Wakil Rektor Untag Surabaya dilakukan penuh pertimbangan yang matang dan didasari oleh penilaian secara objektif dari seluruh parameter. Hal tersebut agar keberadaan Untag Surabaya harus tetap kita pelihara,” kata Silalahi.

Supangat Ketua Komite Persiapan dan Penetapan Rektor (KPPR) serta Komite Penetapan Pejabat Struktural (KPPS) mengucapkan selamat kepada para Pejabat dan Struktural Untag Surabaya.

“Kami selaku Ketua KPPR dan KPPS menyampaikan selamat atas dilantiknya Rektor, Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, serta Pejabat Struktural Untag Surabaya. Semoga dapat menjalankan tugas dan amanah,” ujar Supangat.

“Seorang pemimpin baik level negara, kampus atau di mana saja, harus sadar diri agar nama kita dicatat oleh sejarah, atau di lingkungan tempat kita berpijak. Nama dan kehadiran kita dianggap berarti. Tak perlu heroik, namun melalui inisiasi yang sederhana, Little thing means a lot. Kuncinya inisiatif,” kata Supangat.

Bersamaan dengan itu, Supangat juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya selaku Ketua KPPR dan KPPS, seluruh panitia, serta pihak-pihak yang turut membantu dalam seluruh proses penetapan Rektor dan Wakil Rektor Untag Surabaya masa bakti 2021-2025.(tok/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs