Kamis, 25 April 2024

Ribuan Penghafal Al Qur’an di Jatim Dapat Tunjangan Kehormatan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim (tiga kiri) saat menyerahkan tunjangan kehormatan kepada perwakilan hafiz di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Sabtu (1/5/2021) Foto: Antara

Pemerintah Provinsi Jawa Timur memberikan tunjangan kehormatan kepada ribuan hafiz atau penghafal Al-Qur’an sebagai bentuk perwujudan “Jatim Berkah” dalam program Nawa Bhakti Satya.

“Harapan kami, para hafiz dan hafizah terus mengawal dari sisi rohaniah dan batiniah,” ujar Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur usai penyerahan tunjangan di Masjid Nasional Al Akbar Surabaya, Sabtu (1/5/2021), dilansir dari Antara.

Setiap tahunnya, sebanyak 504 orang perwakilan hafiz dan hafizah secara simbolis menerima tunjangan senilai Rp3 juta.

Orang nomor satu di Pemrpov Jatim itu menyampaikan untuk tahun 2021 ini setiap bulan menerima tunjangan sebesar Rp250 ribu atau naik dari sebelumnya Rp150 ribu. “Diberikannya dua tahap dalam setahun,” jelasnya.

Pemerintah, kata Khofifah, akan melakukan ikhtiar atau secara profesional dari gerakan-gerakan programatik dan diharapkan berseiring dengan secara ukhrawi atau akhirat.

“Inilah yang kita harapkan, keberseiringan antara dhohiran wa bhatinan. Jadi, dhohir-nya sehat, batinnya juga sehat,” kata Khofifah.

Sementara itu, Hudiyono Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Rakyat Provinsi Jawa Timur mengungkapkan dalam enam tahun terakhir terdapat 4.093 orang hafiz dan hafizah yang menerima tunjangan kehormatan.

“Namun, sekarang totalnya 4.061 karena ada 23 orang yang sudah meninggal dunia dan sembilan orang pindah ke luar Jawa,” tutur mantan Penjabat Bupati Sidoarjo tersebut.

Pada kesempatan yang sama, juga dilakukan doa bersama untuk korban kapal selam KRI Nanggala-401 yang dinyatakan tenggelam di Perairan Utara Bali pada Rabu (21/4/2021).(ant/frh/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs