Jumat, 26 April 2024

Risma: Menegakkan Integritas Bagian dari Membumikan Pancasila

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Tri Rismaharini Menteri Sosial mengikuti upacara secara daring dari kantor Kementerian Sosial, Selasa (1/6/2021) Foto : Istimewa

Tri Rismaharini Menteri Sosial mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Sosial menegakkan disiplin dan integritas karena menurutnya itu menjadi salah satu cara untuk membumikan nilai-nilai Pancasila.

Dia sampaikan itu dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila di Gedung Pancasila, Kompleks Kementerian Luar Negeri Jakarta di hadapan segenap ASN yang mengikuti acara dari secara daring dari rumah masing-masing dengan memakai pakaian adat, Selasa (1/5/2021).

Terkait Harlah Pancasila tahun 2021, Tri Rismaharini berpesan kepada semua pegawai Kemensos agar menjadi bagian dari upaya memperkokoh penanaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila melalui tugas dan tanggung jawab masing-masing.

“Banyak hal bisa dilakukan. Termasuk dengan bekerja sungguh-sungguh melayani kebutuhan masyarakat. Sebab, masyarakat yang kita bantu ini, kan, masyarakat kurang mampu yang menunggu apa yang kita kerjakan,” katanya.

Risma menyatakan, mungkin yang dikerjakan sepertinya ringan. Tapi mempunyai peran sangat penting.

“Seperti tanda tangan surat atau apa. Memberikan bantuan itu, jangan salah, ya, mereka yang dibantu ini sangat senang. Biar pun Rp100 ribu itu sangat berarti. Bagi kita mungkin kecil. Tapi bagi masyarakat itu besar sekali,” katanya.

Menegakkan moral dan integritas, kata dia, salah satu cara membumikan nilai-nilai Pancasila. Dia minta semua pegawai Kemensos menegakkan disiplin dan menjaga integritas, terutama dalam pengelolaan data masyarakat miskin yang menjadi tugas Kemensos.

Kesalahan kecil bisa berakibat fatal, terutama bila disebabkan oleh cara kerja yang tidak berintegritas.

“Saya minta semua teman-teman di lingkungan Kementerian Sosial menegakkan integritas. Bayangkan bila kita salah mengetik angka, maka bisa berakibat kerugian negara sangat besar,” tegasnya.

Sejalan dengan amanat Presiden, Risma juga meminta semua pegawai dan pilar-pilar sosial ikut menjaga dalam penggunaan dan persebaran informasi melalui perangkat digital.

“Saya minta kita semua memastikan bahwa perangkat digital dimaksimalkan untuk kebutuhan produktif dan konstruktif menjaga dan merawat kemajemukan bangsa, bukan untuk membuka ruang bagi persebaran paham atau pemikiran yang bertentangan dengan ideologi negara,” jelasnya.

Risma bilang kepada jajarannya tidak ragu bekerja dengan sepenuh hati, tulus, dan ikhlas, meskipun berat. Bagaimana hal ini bisa terjadi, kata Risma, sepenuhnya tergantung pada diri kita sendiri.

“Kalau kita berbuat baik, Allah akan memberikan balasannya,” tegasnya.(man/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs