Jumat, 3 Mei 2024

RS Premier Bantah Kabar Obat Avigan Bisa Didapatkan Secara Bebas

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan

Pihak Rumah Sakit Premier Surabaya meluruskan kabar yang beredar soal obat Avigan yang dapat didapatkan secara bebas di UGD, seperti yang beredar di masyarakat beberapa hari terakhir.

Bermula dari munculnya sebuah pesan bergambar yang menginformasikan, bagi masyarakat yang membutuhkan obat Avigan dapat langsung mendatangi UGD RS Premier dengan membawa hasil swab positif Covid-19. Avigan sendiri adalah nama merek obat dengan kandungan bahan aktif favipiravir, yang biasanya dianjurkan dokter untuk obat terapi pasien Covid-19.

Menanggapi hal itu, Octdy Hendrawan Operational Manager RS Premier mengatakan, kabar tersebut adalah hoax atau tidak benar.

Octdy menegaskan, obat Avigan memang tersedia di RS Premier, namun jumlahnya terbatas. Sehingga obat Avigan diprioritaskan bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani rawat inap dengan kondisi gejala sedang hingga berat.

“Avigan di RS kami memang ada, tetapi jumlahnya terbatas. Kami prioritas untuk yang pasien di rawat inap dengan kondisi mild dan berat,” kata Octdy saat dihubungi suarasurabaya.net.

Menurutnya, sudah dua hari ini masyarakat berbondong-bondong mendatangi RS Premier untuk membeli obat Avigan secara langsung. Bahkan saat ruangan IGD dibuka pada Kamis (8/7/2021) kemarin, antrean sudah mengular.

Saat dijelaskan bahwa kabar tersebut hoax, orang-orang yang mengantre kebingungan. Akhirnya, pihak rumah sakit tetap mempersilakan jika ada pasien bergejala diperiksa di ruang UGD.

“Mereka bingung. Kami sampaikan untuk segera ke tenda Red untuk di screening dan mendapatkan pengobatan di IGD jika memang membutuhkan,” ujarnya.

Kabar hoax mengenai obat Avigan ini juga diumumkan di akun media sosial RS Premier pada Jumat (9/7/2021).

Beberapa hari terakhir begitu banyak pertanyaan yang masuk kepada kami, atas pemberitaan di social media mengenai penyediaan Avigan di RS Premier Surabaya. Untuk itu perlu kami tegaskan bahwa pemberitaan tersebut adalah HOAX. Dan RS Premier Surabaya tidak bertanggung jawab atas isi pemberitaan tersebut,” tulisnya.(tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Jumat, 3 Mei 2024
26o
Kurs