Jumat, 29 Maret 2024

Satgas Dorong Pemda Meningkatkan Upaya Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Wiku Adisasmito Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19. Foto: biro pers setpres

Wiku Adisasmito Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 mengatakan, peran pemerintah daerah sangat vital dalam upaya mengendalikan pandemi Covid-19.

Maka dari itu, Satgas Penanganan Covid-19 mendorong pemerintah daerah lebih cermat mengantisipasi kenaikan kasus sedini mungkin.

Menurut Wiku, pemerintah daerah juga perlu merumuskan kebijakan sesuai situasi, kondisi dan tantangan di daerahnya masing-masing.

Hasil pengamatan Satgas Penanganan Covid-19 dalam enam pekan terakhir, ada lima provinsi yang tercatat lebih dari sekali sebagai penyumbang kasus tertinggi tingkat nasional.

Kelima daerah itu adalah Jawa Tengah, Bali, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Kalimantan Selatan.

Pekan ini (9-15 Agustus 2021), kenaikan kasus tertinggi terjadi di Jawa Tengah (bertambah 5.143 kasus), Bali (bertambah 1.904 kasus), Papua Barat (bertambah 667 kasus), Kalimantan Tengah (bertambah 553 kasus), dan Sulawesi Barat (bertambah 295 kasus).

“Dari perkembangan mingguan ini, maka diperlukan kecermatan dari pemerintah daerah dengan tidak hanya fokus pada daerah dengan jumlah kasus yang tinggi. Tapi, juga penting mengamati kenaikan kasus sedini mungkin agar lonjakan kasus dapat diantisipasi,” ujarnya di Graha BNPB, Jakarta, Selasa (17/8/2021).

Lebih lanjut, Koordinator Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19 juga berharap peran aktif masyarakat dengan cara meningkatkan kedisiplinan protokol kesehatan.

Disiplin memakai masker, menjaga jarak fisik, rutin mencuci tangan, dan mengurangi mobilitas, efektif mencegah penyebaran sekaligus mendukung upaya pemerintah daerah menurunkan kasus infeksi Virus Corona.(rid/dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
26o
Kurs