Jumat, 2 Desember 2022

Sebanyak 87 Pos Pengamanan di Jatim Siaga Nataru Tanpa Penyekatan

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2021 di Tugu Pahlawan, Surabaya, Kamis (23/12/2021). Foto: Istimewa

Aparat gabungan di Jawa Timur akan bersiaga mengamankan Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di Pos Pengamanan (Pospam) yang tersebar di 87 titik.

Irjen Pol Nico Afinta Kapolda Jawa Timur menyatakan itu setelah mengikuti apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2021 di Tugu Pahlawan, Surabaya, Kamis (23/12/2021).

“Kami siapkan Pospam di 87 titik. Namun nanti di kabupaten/kota juga ada pelaksanaan pengaman internal gereja yang didukung NU dan Muhammadiyah,” ujarnya.

Nico menegaskan, aparat gabungan di semua Pospam kali ini tidak akan melakukan penyekatan kendaraan. Mereka hanya akan melakukan pengecekan secara acak.

“Untuk menjalankan Inmendagri maupun SE Menteri Agama Nomor 31, kami imbau masyarakat melengkapi vaksin kedua dan sudah tes antigen maupun PCR,” katanya.

Untuk menunjang persyaratan itu, dia memastikan bahwa di setiap pospam nantinya juga akan menyediakan fasilitas vaksinasi di tempat.

“Kami berharap kepada masyarakat, jika tidak ada kegiatan agar tetap di rumah. Namun jika keluar rumah kami akan menyiapkan vaksin,” ujarnya.

Dia pun menyampaikan imbauan agar seluruh jajaran TNI, Polri, dan Pemerintah bersinergi, sehingga Kantibmas bisa berjalan dengan baik.

Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2021 ini bagian dari apel secara serentak di seluruh jajaran Polri yang ada di kabupaten/ kota di seluruh Indonesia.

Turut terlibat dalam kegiatan ini sejumlah aparat gabungan. Baik dari unsur TNI, Polri, Dishub, Satpol-PP, Linmas, Dinas Kesehatan, juga Pramuka.

Apel kali ini mengangkat tema “Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait dalam Memberi Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Nataru dengan Tetap Memperhatikan Protokol Kesehatan”.

Mayjen TNI Nurchahyanto Pangdam V Brawijaya yang memimpin apel ini didampingi Emil Elistianto Dardak Wakil Gubernur Jatim dan Irjen Pol Nico Afinta Kapolda Jatim.

Pangdam V Brawijaya membacakan amanat Jenderal Listyo Sigit Prabowo Kapolri.

Pada pelaksanaan natal tahun ini seluruh personel diimbau lebih berhati hati mengantisipasi penyebaran Varian Omicron yang lebih cepat menyebar lima kali lebih cepat dari Varian Delta.

Di indonesia saat ini sedikitnya sudah ada lima orang teridentifikasi tertular Varian Omicron.

Sedangkan situasi Pandemi Covid-19 di Indonesia sendiri saat ini sudah terkendali, dimana tingkat penularan berada dibawa angka satu. Dengan Positivity Rate dan BOR Rumah Sakit di bawah standar WHO.

Operasi Lilin Semeru ini digelar selama 10 hari mulai 23 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022 dengan fokus pengamanan 54.959 obyek di seluruh indonesia.

“Baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara,” kata Pangdam V Brawijaya membacakan amanat Kapolri, Kamis (23/12/2021) pagi.

Kapolri sebagaimana disampaikan Nurchahyanto menyebutkan, pelaksanaan pengaman natal dan tahun baru ini melibatkan 177.212 personil pengamanan gabungan.

Secara rinci personel itu terdiri dari 103.188 Polri, 19.017 personel TNI, dan 55.007 personel yang berasal dari instansi terkait seperti Satpol-PP, Dishub, Dinkes, Pramuka, Pemadam Kebakaran, dan Linmas.

“Nantinya akan ditempatkan 19.464 pos pengamanan dan 1.082 pos pelayanan (di seluruh Indonesia, red),” katanya.(den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Jumat, 2 Desember 2022
27o
Kurs