Senin, 13 Mei 2024

Sebelum Perkuliahan Mulai, Mahasiswa Baru Untag Tanda tangani Pakta Integritas

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Perwakilan mahasiswa baru Untag tahun akademik 2021/2022 tanda tangani pakta integritas. Foto: Humas Untag
Sampai Kamis (2/9/2021) Untag Surabaya menyambut kedatangan mahasiswa baru tahun akademik 2021/2022. Dalam kondisi pandemi Covid-19, pelaksanaan PKKMB dilakukan secara daring dengan protokol kesehatan ketat.
Pada kesempatan itu perwakilan mahasiswa baru hadir secara luring dalam busana tradisional yang  menunjukkan Untag Surabaya adalah miniatur Indonesia, dari Sabang sampai Merauke mewakili peserta daring.
Dilakukan tanda tangan Pakta Integritas berisi komitmen Anti Narkoba, Anti Plagiasi dan Anti Radikalisme, disaksikan langsung Prof. Dr. Mulyanto Nugroho, MM., CMA., CPA., Rektor Untag Surabaya yang ikut menyambut mahasiswa baru.
Prof. Nugroho mengenalkan ciri khas Untag Surabaya tercermin dalam 5 Basis Nilai Karakter, kebangsaan, kejujuran, kecerdasan, keberagaman dan kreativitas. “Tunjukkan prestasi untuk Untag Surabaya sehingga maju bersama. Mari bersinergi, gotong royong agar universitas kita harus unggul, ” terang Prof Nugroho, Selasa (31/8/2021). Pihaknya juga berharap, dengan adanya PKKMB ini para mahasiswa baru dapat mengenal dengan bangga kampus merah putih yang menjunjung tinggi rasa nasionalisme.
Tema PKKMB kali ini Untag Surabaya Tangguh Hadapi Pandemi, Selalu Meraih Prestasi. Pada rangkaian acara, Untag Surabaya juga berikan penghargaan kepada sembilan mahasiswa beprestasi, harapannya jadi motivasi mahasiswa baru yang mengikuti prosesi PKKMB secara virtual.
Dra. Ec. Ida Ayu Sri Brahmayanti MM., Ketua Pelaksana PKKMB setuju bahwa pandemi banyak berdampak pada kehidupan. Wakil dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini  bersyukur atas capaian Kampus Merah Putih. “Selama pandemi Untag Surabaya berkibar meraih prestasi terutama, satu diantaranya telah lahir Guru Besar di bidang Akuntansi. Sinergi sivitas akademika meraih prestasi itu penting, ” tegas Brahmayanti.
PKKMB diisi dengan berbagai materi yang menggambarkan nilai-nilai kebangsaan Kampus Merah Putih seperti Wawasan Kebangsaan, Pendidikan Anti Penyalahgunaan Napza hingga Nilai Dasar Untag Surabaya.
Mahasiswa baru juga diberi materi mental health dan literasi digital yang baru diusung pada PKKMB tahun ini. “Anak muda harus tahu bagaimana bersikap pada dunia digital dan bersikap untuk memiliki kesehatan mental yang baik. Tidak hanya untuk diri sendiri tapi juga untuk orang lain, ” papar Karolin Rista M. Psi., Psikolog, Koordinator Acara PKKMB Untag Surabaya 2021.
Seluruh mahasiswa baru mengikuti kegiatan secara daring, mereka tetap diajak berkeliling Untag Surabaya melalui materi Jelajah Kampus, sehingga tetap bisa mengenal bangunan kampus juga diharapkan menjadi lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan kampus.
“Karena situasi pandemi jadi banyak mahasiswa yang belum bisa langsung mengunjungi kampus. Kami sadar penuh situasi PKKMB itu sangat menyenangkan untuk maba. Kami ingin semangatnya dan gairahnya untuk menikmati situasi kampus baik lingkungan sosial dan fisik bisa dirasakan oleh maba, ” tutup Karolin. (tok/ipg)
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Kurs
Exit mobile version