Sabtu, 20 April 2024

Sekretariat Presiden Buka Pendaftaran Upacara Virtual HUT ke-76 RI

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Pasukan Paskibraka 'Tim Sabang' bersiap melaksanakan tugas pengibaran bendera di Istana Merdeka, Jakarta, pada peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia, Senin (17/8/2020). Foto: Biro Pers Setpres

Sekretariat Presiden kembali mengajak seluruh lapisan masyarakat ikut berpartisipasi memeriahkan Peringatan ke-76 Hari Kemerdekaan Indonesia. Nantinya, masyarakat bisa mengikuti upacara virtual Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2021 mendatang.

“Kami kembali memberikan kesempatan, mengajak, menggugah untuk bersama-sama kita hadir di acara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia,” ujar Yusuf Permana Kepala Biro Protokol, Sekretariat Presiden, dalam peluncuran pendaftaran upacara virtual HUT ke-76 RI, yang digelar di halaman Istana Negara Jakarta, Jumat (30/7/2021).

Yusuf menjelaskan, anggota masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam upacara virtual tersebut bisa mendaftarkan diri melalui laman pandang.istanapresiden.go.id.

Sekretariat Presiden mengalokasikan 40 ribu undangan upacara virtual pada 17 Agustus 2021. Pemohon yang mengajukan undangan akan diverifikasi data kemudian mendapat pesan WhatsApp dan surel yang berisi ketentuan mengikuti jalannya upacara secara langsung melalui konferensi video.

“Kami membuka pendaftaran lebih banyak, hampir mencapai 40 ribu peserta yang biaa hadir secara virtual, baik masyarakat Indonesia di dalam negeri mau pun yang di luar negeri,” imbuhnya.

Pada peluncuran kali ini, Sekretariat Presiden juga memberikan hadiah buat lima orang pendaftar pertama.

“Hadiahnya berup uang Rp75 ribu yang baru. Nanti bisa menghubungi protokol kami untuk bisa kami kirimkan hadiahnya,” ujar Heru Budi Hartono Kepala Sekretariat Presiden.

Selain itu, Sekretariat Presiden juga akan memberikan hadiah buat 200 orang pendaftar pertama yang akan mengikuti upacara virtual HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia.

Oleh karena itu, Heru mendorong seluruh lapisan masyarakat berpartisipasi dan ikut sosialisasikan kegiatan upacara virtual HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia.

“Selamat mendaftar dan tolong disosialisasikan kepada seluruh lapisan masyarakat,” ucap Heru.

Seperti diketahui, upacara HUT RI secara virtual imerupakan yang kedua kali digelar di masa pandemi Covid-19.

Sebelumnya, Sekretariat Presiden juga menggelar upacara kemerdekaan secara daring pada HUT ke-75 RI dan menerima penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas rekor peserta terbanyak.

Sekretariat Presiden optimistis upacara virtual HUT ke-76 RI kali ini akan berjalan dengan baik dan lancar.

“Bahasa sederhananya kalau tidak daftar akan merugi sekali. Jadi, segera daftar, jangan sampai kehabisan tempat,” ujar Bey Machmudin Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden, yang turut hadir dalam acara tersebut.

“Dengan mengucap Bismillahirahmanirrahim, kami buka pendaftaran upacara virtual HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia,” ucap Bey saat membuka secara resmi pendaftaran upacara virtual HUT ke-76 Kemerdekaan Indonesia.

Berdasarkan data, antusiasme masyarakat untuk mengikuti upacara HUT Kemerdekaan Indonesia tahun ini cukup tinggi. Sampai pukul 16.30 WIB, tercatat 2.110 pendaftar dari dalam negeri dan 14 pendaftar dari luar negeri.(rid/iss/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs