Rabu, 15 Mei 2024

Selain Wajib USP, Siswa SMK Juga Wajib UKK

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Ilustrasi. Pelaksanaan pembelajaran daring di MAN 15 Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Selain wajib mengikuti Ujian Satuan Pendidikan (USP) sebagai pengganti Ujian Nasional (UN), siswa SMK juga diwajibkan mengikuti ujian kompetensi keahlian (UKK).

UKK dimaksudkan sebagai bagian dari kelengkapan penilaian bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terkait dengan sejumlah mata pelajaran dengan praktik yang tidak dilakukan saat melakukan USP.

M. Bahrun Kepala SMKN 6 Surabaya membenarkan bahwa selain ujian satuan pendidikan, bakal dilaksanakan juga ujian kompetensi keahlian yang wajib diikuti para siswa setelah melaksanakan USP.

“Ujian kompetensi keahlian merupakan bagian penting juga bagi siswa SMK. Setelah mengikuti ujian satuan pendidikan, siswa bersiap melaksanakan ujian kompetensi keahlian. Terkait dengan praktek dan praktek kerja. Karena itu penting juga bagi siswa,” terang M. Bahrun, Rabu (17/3/2021).

Bagi siswa SMK, lanjut Bahrun praktik dan praktik kerja adalah bagian penting bagi siswa untuk mengetahui kesiapan siswa sebelum memasuki dunia kerja. Karena itu, setelah USP siswa harus bersiap-siap untuk pelaksanaan UKK.

“Selain tetap wajib belajar untuk persiapan USP, kami pesan kan pada seluruh siswa agar juga belajar untuk UKK. Karena bagaimanapun penilaian untuk UKK juga penting melengkapi kelulusan siswa. Tahun ini ujian nasional kan diganti USP,” kata Bahrun.

Pelaksanaan UKK di SMKN 6 Surabaya dijadwalkan bakal digelar bulan April 2021 dan wajib diikuti seluruh siswa kelas XII peserta ujian satuan pendidikan 2021. “Total ada lebih dari 700 siswa peserta dan wajib ikut UKK juga,” pungkas Bahrun. (tok/iss/bid)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Rabu, 15 Mei 2024
Kurs