Jumat, 26 April 2024

Selama Larangan Mudik Jalan Tol dan Rest Area Tetap Beroperasional, Ada Check Point di Exit Tol

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Salah satu ruas jalan tol di Jawa Timur. Foto: Iping suarasurabaya.net

Meski pemerintah sudah menetapkan aturan larangan mudik mulai 6-17 Mei 2021, namun PT Jasa Marga (Persero) Tbk menegaskan bahwa operasional tol tetap berjalan seperti biasa. Rest area tetap dibuka bagi pengguna jalan yang ingin beristirahat.

“Tol masih dibuka dan rest area masih dibuka,” kata Sukiran Manager Operasional PT Trans Jawa Pasuruan-Probolinggo kepada Radio Suara Surabaya, Senin (5/5/2021).

Ia juga menegaskan bahwa tidak ada penyekatan di dalam tol, hanya saja berdiri sejumlah check point di exit tol perbatasan sejumlah daerah. Beberapa titik check point akan dijaga oleh petugas Polres dari masing-masing daerah. Hal senada juga disampaikan Eko Budi Manager Teknik dan Operasional Tol Gempol Pasuruan, serta Brahmo Sudibyo Manager HR & GA PT Jasamarga Pandaan Tol saat berkunjung ke Suara Surabaya, Senin (5/5/2021).

(kiri ke kanan) Sukiran Manager Operasional PT Trans Jawa Pasuran-Probolinggo, Brahmo Sudibyo Deputy General Manager HR & GA PT Jasamarga Pandaan Tol, dan Eko Budi General Manager Teknik dan Operasional Tol Gempol Pasuruan saat berbincang di studio Suara Surabaya, Rabu (5/5/2021). Foto: Iping suarasurabaya.net

Sementara itu untuk mendukung pemberian informasi publik dalam rangka lalu lintas Hari Raya Idul Fitri 1442 H, Jasa Marga juga telah meluncurkan Jasa Marga Tollroad Command Center (JMTC) yang merupakan pusat informasi dan pengendali lalu lintas terintegrasi di jalan tol.

Raddy R. Lukman Project Director JMTC dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net mengatakan, JMTC sebagai “the eye of tollroad” mengumpulkan dan mengintegrasikan seluruh informasi lalu lintas jalan tol melalui beberapa sumber informasi.

“Pantauan dilakukan melalui total 1.705 CCTV, 65 Smart CCTV yang terdiri dari 26 Speed Camera dan 39 Traffic Counting, 22 Remote Traffic Microwave Sensor (RTMS), informasi petugas dan peralatan teknologi lainnya. Kami juga mengumpulkan dan mengintegrasikan informasi dari petugas layanan lalu lintas hingga
informasi dari pengguna jalan melalui Call Center 14080 dan Twitter @PTJASAMARGA,” tambahnya.

JMTC juga didukung oleh Jasamarga Integrated Digitalmap sebagai platform pengolah informasi dari berbagai sumber yang kemudian diproses oleh sistem teknologi berbasis Intelligent Transportation System (ITS) untuk analisis dan pengambilan keputusan yang lebih akurat dalam melakukan rekayasa lalu lintas.

Semua informasi ini selanjutnya disampaikan kembali kepada pengguna jalan tol melalui Call Center 14080, 204 unit Variable Message Sign (VMS), Media Sosial Jasa Marga hingga siaran radio.

Selain itu, untuk mendapatkan informasi terkini lalin jalan tol, pengguna jalan yang menggunakan ponsel berbasis android dan iOs dapat mengunduh aplikasi Travoy 3.0 sebagai asisten digital perjalanan di jalan tol yang juga terkoneksi dengan JMTC.(tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs