Jumat, 26 April 2024

Sembilan Kali Berturut-turut Opini WTP, Eri Cahyadi: Ini Bentuk LPJ Kami kepada Masyarakat

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Plakat dan piagam penghargaan ini diterima langsung Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya yang diserahkan Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, dalam acara penyerahan penghargaan yang berlangsung di Kabupaten Banyuwangi, Jum'at (29/10/2021). Foto: Humas Pemkot

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Republik Indonesia (RI) karena telah mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian sembilan kali berturut-turut.

Secara simbolis, plakat dan piagam penghargaan ini diterima Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dari Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur, di acara penyerahan penghargaan di Banyuwangi, Jumat (29/10/2021).

“Penghargaan ini karena sudah kesembilan kalinya pemkot menerima WTP. Alhamdulillah kami bersyukur. Sebenarnya ini kan laporan keuangan sebagai bentuk pertanggungjawaban pemerintah kota,” kata Eri Cahyadi, Sabtu (30/10/2021).

Dia memastikan, hasil capaian standar tertinggi dalam penyusunan laporan keuangan ini akan terus dipertahankan di masa yang akan datang.

Meski demikian, dia selalu menekankan kepada seluruh jajarannya, bahwa tujuan akhir dari kerja keras ini bukan dititikberatkan untuk mendapatkan sebuah penghargaan.

“Diharapkan tahun depan kita mendapatkan penghargaan lagi. Tetapi sebenarnya, bukan kita titik beratkan pada penghargaannya semata,” ujarnya.

Kata Eri, capaian ini adalah salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban keuangan pemkot kepada seluruh masyarakat Kota Pahlawan.

“Ini juga sebagai bentuk laporan pertanggungjawaban (LPJ) Pemerintah Kota Surabaya kepada masyarakat Kota Surabaya,” ujarnya.

Dalam acara yang berlangsung di Kabupaten Banyuwangi itu, tidak hanya Pemkot Surabaya yang menerima penghargaan.

Ada pula beberapa kabupaten/kota di Jawa Timur juga turut serta mendapatkan penghargaan yang sama.

“Yang menerima penghargaan ini bukan cuma Pemerintah Kota Surabaya saja. Tetapi berbagai daerah yang ada di Jatim juga menerima,” ungkapnya.

Dia berharap, penghargaan ini bisa jadi pemicu semangat jajarannya agar terus konsisten meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Utamanya, dalam hal pengelolaan keuangan.

Sekadar diketahui, Kemenkeu RI memberikan penghargaan kepada pemerintah/lembaga sebagai entitas pelaporan keuangan.

Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah/lembaga yang telah meraih Opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI), mulai dari 5 kali berturut-turut, 10 kali berturut-turut, dan 15 kali berturut-turut. (man/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs