Selasa, 16 Agustus 2022

Sempat Mau Pingsan Saat Donor Pertama, Donor Kedua Anak Motor Ini Lebih Berani

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Kegiatan donor darah 10 komunitas anak motor yang tergabung dalam Bold Riders Surabaya Timur dalam rangka bulan Sumpah Pemuda. Foto: Istimewa

Sebanyak 10 komunitas anak motor yang tergabung dalam Bold Riders Surabaya Timur menggelar acara donor darah dalam rangka bulan Sumpah Pemuda. Kegiatan ini adalah hasil kolaborasi dari berbagai macam komunitas yang menamakan diri sebagai Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA).

Reinanda Yusman Koordinator acara donor di Surabaya Timur mengatakan antusiasme peserta sangat tinggi, bahkan ada salahsatu peserta yang meski punya pengalaman kurang menegangkan saat donor pertama, kini saat donor di tahun kedua tetap bersemangat, dia ikut dan menepis semua rasa takut demi bisa menyumbangkan darahnya.

“Kami memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada semua komunitas atas semangatnya yang luar biasa demi kemanusiaan. Ada salah satu peserta donor dari anak motor R15CI Surabaya, namanya Irwan Sisdiyono meski tahun lalu sempat mau pingsan, sekarang ikut lagi, semangatnya luar biasa, dia tidak gentar,” katanya dalam siaran pers pada suarasurabaya.net, Kamis (4/11/2021).

Dalam kegiatan donor darah di Surabaya Timur yang digelar akhir Oktober 2021 ini ada 10 komunitas yang terlibat yakni CBR One Club Surabaya, Solidarity Vixion Surabaya, Komunitas CBR Indonesia Chapter Surabaya, R15 Club Indonesia Chapter Surabaya, Sugoi Chapter Gresik, YVCI Chapter Surabaya, IRC, VCS, KOMBIS, dan Komunitas All Variant Ninja Community Surabaya (AVNC).

“Jumlah peserta yang mendaftar ada sekitar 35 orang perwakilan Komunitas, dari jumlah itu dihasilkan 22 kantong darah,” jelasnya.

Kolaborasi KITA terus mengambil inisiatif menggelar berbagai kegiatan yang berdampak positif kepada masyarakat. Di bulan Oktober 2021 ini, Kolaborasi KITA menggerakkan lebih dari 800 komunitas di 88 kota/kabupaten di wilayah Indonesia Timur untuk terlibat dalam kegiatan donor darah.

Bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) di berbagai kota/Kabupaten, Kolaborasi KITA menyelenggarakan kegiatan Bakti Pemuda, #Setetes Darah Untuk Negeri 2021. Kegiatan yang melibatkan berbagai komunitas besar seperti fans club, pecinta alam Super Friends, anak motor Bold Riders dan Karang Taruna (Karta) Heppiii Community ini sekaligus membuktikan komitmen dan konsistensi Kolaborasi KITA dalam mengembangkan jiwa sosial dan kepedulian kepada sesama.

Kegiatan Donor Darah #Setetes Darah Untuk Negeri 2021 juga diharapkan akan memecahkan rekor dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). Ada dua kategori rekor MURI yaitu Donor Darah di Kabupaten/Kota Terbanyak dan pemecahan rekor donor darah oleh komunitas terbanyak.

Sebelumnya di tahun 2020, Kolaborasi KITA juga telah mendapat penghargaan MURI yaitu  Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna (Karta) Terbanyak. Kedua rekor MURI itu diperoleh dalam program donor darah bertajuk ‘Bakti Pemuda, Setetes Darah Untuk Negeri’ yang digelar pada bulan Sumpah Pemuda, Oktober 2020. (ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Selasa, 16 Agustus 2022
27o
Kurs