Sabtu, 20 April 2024

Sentra Vaksin HIPMI Jangkau Nelayan dan Masyarakat Pesisir

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menggelar sentra vaksinasi di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara pada 5-7 Agustus 2021. Foto: Istimewa

Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menggelar sentra vaksinasi di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Jakarta Utara pada 5-7 Agustus 2021 demi mempercepat distribusi vaksin sehingga herd immunity dapat segera tercapai. Sentra vaksinasi tersebut merupakan bentuk aksi sosial HIPMI kepada masyarakat, khususnya nelayan dan masyarakat pesisir.

Hilda Kusumadewi Ketua Pelaksana menyampaikan apresiasi kepada para sponsor atas kolaborasinya dan juga dukungan dinas maupun kementerian. Sehingga, sentra vaksin ini dapat hadir memfasilitasi para nelayan dan masyarakat pesisir.

“Total peserta tervaksin hingga hari ketiga pelaksanaan, target vaksinasi telah tercapai hingga 3.515 orang, jumlah tersebut lebih tinggi dari target yang ditetapkan, dengan vaksin hari pertama sebanyak 1.222 orang yang terdiri dari dosis 1 sebanyak 659 orang dan dosis 2 sebanyak 563 orang. Kemudian peserta tervaksin hari kedua sebanyak 1.120 orang, sedangkan jumlah peserta tervaksin hari ketiga sebanyak 1.173 orang,” ujar Hilda, dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (11/8/2021).

Sebanyak 61 orang tenaga kesehatan (nakes), Bendahara Umum Badan Pengurus Pusat (BPP) HIPMI itu juga menjelaskan pentingnya untuk menjangkau para nelayan dan masyarakat pesisir sebagai target baru vaksinasi. Menurut Hilda, perairan merupakan sektor ekonomi yang banyak sekali menyerap tenaga kerja.

“Nelayan adalah pekerjaan yang memiliki risiko terpapar cukup tinggi karena mereka harus keluar rumah dan berinteraksi dengan orang banyak. Kami berterima kasih kepada Bapak Sakti Wahyu Trenggono Menteri Kelautan dan Perikanan yang telah berkolaborasi dalam program vaksinasi ini untuk para nelayan dan masyarakat sekitar pasar ikan, semua target vaksinasi dari pemerintah hanya bisa dicapai dengan kerja sama dan bersinergi,” jelasnya.

Selain melakukan vaksin, HIPMI memberikan bantuan penyerahan lima mobil jenazah kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan membagikan santunan sosial berupa sembako kepada para nelayan maupun masyarakat yang telah mendapatkan vaksin. Kegiatan ini juga diberikan hadiah bagi para peserta vaksin berupa sepeda motor, sepeda, televisi, rice cooker, dan dispenser.

“HIPMI mendukung setiap program pemerintah dalam rangka penanganan pandemi Covid-19. Kami berupaya untuk ikut berkontribusi mempercepat pemulihan kondisi kesehatan di Indonesia sehingga iklim bisnis kembali stabil. Kami sadar betul bahwa semua dapat tercapai jika ada sinergi dari berbagai unsur, kita akan terus gelorakan vaksinasi membantu program pemerintah ini akan diikuti di berbagai daerah seperti DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali untuk menjawab bagaimana kita bisa segera terbentuk herd immunity,” ungkapnya.

Sentra Vaksin ini melibatkan kolaborasi dari berbagai pihak, di antaranya didukung oleh Jaya Raya, Jakarta Experience Board, Transjakarta, Kementerian Kesehatan RI, BNPB, Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Perusahaan Umum Perikanan Indonesia (Perum Perindo), TNI AL, Kapolri, dan didukung beberapa perusahaan swasta.(faz/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs