Jumat, 19 Agustus 2022

Serbuan 10 Ribu Dosis Vaksin untuk Warga Pulau Bawean Gresik

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim, Laksda TNI Iwan Isnurwanto Pangkoarmada II dan Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik meninjau langsung serbuan vaksin di STAI Hasan Jufri di Desa Lebak dan Pesanggrahan, Kecamatan Sangkapura pada Kamis (29/7/2021). Foto: Humas Pemkab Gresik

TNI Angkatan Laut (TNI) melalui Komando Armada II melaksanakan serbuan vaksin yang dipusatkan Pulau Bawean, Gresik, sejak Rabu (28/7/2021) kemarin. Sebanyak 10.500 ribu dosis vaksin disediakan untuk proses vaksinasi selama tiga hari, yakni mulai 28-30 Juli 2021.

Laksda TNI Iwan Isnurwanto Pangkoarmada II mengatakan, TNI AL membawa 323 tenaga kesehatan dan dibantu tenaga kesehatan dari dari RSUD Umar Mas’ud Bawean. Ratusan nakes ini tiba di Pulau Bawean sejak Selasa, 27 Juli 2021 lalu.

Mereka berangkat dari Dermaga Semampir Lama Koarmada II menggunakan KRI Makassar-590 dari Satuan Kapal Amfibi (Satfib) tujuan Pulau Bawean.

Pelaksanaan serbuan vaksin TNI AL ini digelar serentak di 6 titik di Kecamatan Sangkapura dan Kecamatan Tambak. Di Kecamatan Sangkapura, vansinasi berlokasi di Pesanggarahan, TK Muslimat NU dan Balai Desa Daun. Sedangkan di Kecamatan Tambak, vaksinasi digelar di Pendopo Kecamatan, Puskesmas Pembantu (Pustu) Telukjatidawang dan SDN Diponggo.

Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jatim, Laksda TNI Iwan Isnurwanto Pangkoarmada II dan Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik meninjau langsung serbuan vaksin di STAI Hasan Jufri di Desa Lebak dan Pesanggrahan, Kecamatan Sangkapura pada Kamis (29/7/2021).

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah sempat mengajak peserta vaksinasi bersalawat burda untuk keselamatan warga negara Indonesia.

Fandi Akhmad Yani Bupati Gresik mengapresiasi program serbuan vaksin oleh TNI-AL ini. Ia mengajak masyarakat Bawean untuk tidak takut dan bisa mencegah pandemi Covid-19.

“Masyarakat tidak boleh takut, banyak para tokoh masyarakat di kota sampai pelosok desa juga mengikuti vaksin ini, dan sebagai bentuk membantu negara,” imbuhnya.

Laksda TNI Iwan Isnurwanto juga mengapresiasi animo masyarakat yang tinggi untuk melakukan vaksinasi di Pulau Bawean.

“Alhamdulillah, sejak kemarin dimulai dengan menggunakan satu kapal perang ini berjalan lancar, jika masyarakat terus antusias maka akan kita lanjut hari Sabtu besok,” ujarnya.

Pada hari pertama vaksinasi, tercatat ada 2.964 orang yang telah divaksin. Ia optimis, hari kedua vaksinasi ini diikuti oleh lebih banyak orang melihat antusiasme masyarakat mengikuti vaksinasi. Ia menargetkan, 10.500 dosis vaksin bisa habis hanya dalam kurun waktu tiga hari.(tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Langit Sore di Grand Pakuwon

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Surabaya
Jumat, 19 Agustus 2022
29o
Kurs