Jumat, 26 April 2024

Siap Jadi Universitas di Gedung Green Energy

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Gedung dengan atap solar cell untuk melengkapi green energy. Foto: Humas STIE Perbanas

Tempati gedung baru 10 lantai berkonsep green energy, Selasa (2/2/2021) STIE Perbanas di tahun 2021 ini siap bertransformasi dari sekolah tinggi menjadi universitas.

Herman Halim Ketua Yayasan Pendidikan Perhimpunan Bank Umum Nasional Swasta Jawa Timur, menyampakan bahwa pembangunan gedung C STIE Perbanas Surabaya di Kampus Wonorejo mengusung konsep green energy. Atap gedung pun sudah memanfaatkan teknologi tenaga surya dari matahari atau Solar Cell sehingga dapat memenuhi kebutuhan listrik sendiri.

Gedung ini, lanjut Herman Halim dimanfaatkan untuk proses perkuliahan dengan sejumlah ruangan, di antaranya untu Perpustakaan, Laboratorium, Ruang Perkuliahan, hingga Auditorium berbentuk Teater. “Benar. Untuk kesempatan gedung yang baru ini semua menggunakan tenaga surya,” terang Herman Halim.

Ditambahan Dr. Yudi Sutarso, S.E., M.Si., Ketua STIE Perbanas Surabaya, bahwa program studi yang ada di kampus lama Nginden Semolo, secara keseluruhan sudah dipindahkan ke lokasi kampus yang baru. Sejak Januari 2021 semua kegiatan layanan dan administrasi sudah menjadi satu tempat.

Tidak hanya itu, lanjut Yudi, bahwa saat ini pihaknya juga mempersiapkan transformasi bentuk kampus dari sekolah tinggi menjadi universitas. Dalam waktu dekat ini STIE Perbanas Surabaya dijadwalkan visitasi untuk program studi yang baru dan universitas. “Setelah surat keputusan keluar, kami langsung membuka pendaftaran untuk program studi (prodi) yang baru tersebut,” ujar Yudi.

STIE Perbanas Surabaya pun telah siap bertransformasi menjadi universitas. Ada 6 program studi (prodi) yang kini sudah buka pendaftaran, yaitu: Magister Manajemen, Sarjana Akuntansi, Sarjana Manajemen, Sarjana Ekonomi Syariah, Diploma 3 Akuntansi, dan Diploma 3 Perbankan dan Keuangan. Dalam waktu dekat ini, pihaknya juga segera membuka tiga prodi baru di fakultas teknik, yaitu Prodi Sarjana Ilmu Komputer, Sarjana Sistem Informasi (SI), dan Sarjana Desain Komunikasi Visual (DKV).

Seremonial sederhana di tengah pandemi Covid-19, Selasa (2/2/2021) ini mengharuskan penerapan protokol kesehatan sekaligus penggunaan Zoom, agar warga kampus serta segenap civitas academica tetap berada di rumah dan tidak harus hadir pada penandatanganan prasasti, dilanjutkan dengan potong pita sebagai tanda dimulainya pengoperasian gedung C kampus STIE Perbanas.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs