Rabu, 24 April 2024

Siswa SMA Asah Matematika dan Logika secara Menyenangkan di IRGL 2021

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Digelarr secara daring, IRGL 2021 sarana siswa SMA tekuni logika matematika. Foto: humas UK Petra.

Latih kemampuan matematika dan logika secara fun, Program Studi Informatika dan Sistem Informasi Bisnis UK Petra gelar Informatics Rally Games and Logic (IRGL) 2021.

Kegiatan tahunan yang dikemas dengan fun ini digelar secara daring diikuti sekurangnya 286 peserta siswa SMA se Indonesia.

“Sebanyak 98 kelompok yang terdiri dari 286 peserta SMA di Indonesia ini terdiri dari berbagai daerah. Mulai dari Surabaya, Jakarta, Bandung, Jember, Makassar, Yogyakarta, Magelang, Trenggalek, Kediri, Semarang, Brebes hingga Aceh,” kata Sumano Wijaya Ksatria ketua panitia IRGL 2021, Senin (23/8/2021).

Sumano menambabkan bahwa setiap games yang digelar, para peserta yang tiap kelompoknya berisi dua sampai tiga orang tersebut harus mengumpulkan poin sebanyak banyaknya saat babak penyisihan, semifinal maupun final.

Mengambil tema The Quest Of Eldorado, kompetisi ini menceritakan petualangan mencari harta dari kota hilang eldorado di mana di dalam kota eldorado ini terdapat sangat banyak emas dan berlian dan untuk bisa mendapatkan harta dari kota eldorado ini dibutuhkan usaha dan perjuangan yang luar biasa.

“Sama seperti perjalanan para peserta untuk mencari harta dari eldorado, Dalam hidup ini dalam perjalanan meraih kesuksesan mungkin terkadang kita merasa lelah dan ingin menyerah namun untuk beberapa orang, menyerah bukan lah pilihan dan bagi mereka yang memilih untuk berjuang dengan keras dan maksimal kesuksesan akan datang kepada mereka,” tambah Sumano.

Para peserta dapat mengakses lomba melalui www.irgl.petra.id babak penyisihan dimulai dengan soal-soal mengasah logika dari peserta dengan pertanyaan bersifat umum.

Sedangkan permainan pada babak semi final berupa battle royale di mana setiap tim akan berlawanan.

Kemudian babak final permainan berupa Role Playing Game (RPG). Para peserta memainkan sebuah karakter kemudian karakter ini menjalankan misi yang diberikan.

Setelah menjalankan misinya mereka akan mendapatkan block yang dapat digunakan untuk menyelesaikan misi besar dalam game itu dan tim yang bisa menyelesaikan misi besar paling cepat keluar sebagai pemenang.

Kompetisi yang tiap babaknya berisi permainan mengasah kemampuan logika tersebut memperebutkan hadiah dengan total sejumlah Rp 67 juta.

“Babak penyisihan menyisakan 25 tim yang lanjut di babak semifinal. Babak semifinal menyisakan 10 tim yang lanjut ke babak final dimana ada 3 pemenang utama dan ada 3 juara harapan,” pungkas Sumano.(tok/tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
26o
Kurs