Selasa, 15 Juni 2021

Stok Darah Kosong di PMI Surabaya

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kegiatan donor darah menjadi bagian penting dari menjaga stok persediaan darah di PMI Surabaya. Foto: Totok suarasurabaya.net

Sampai menjelang pukul 14.00 WIB, Kamis (18/3/2021) stok darah di PMI Surabaya masih belum menunjukkan tanda-tanda mengalami pertambahan alias masih kosong.

dr. Martono Adi Kepala Bagian Humas dan Pelayanan PMI Surabaya menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya kekosongan stok darah di PMI Surabaya.

Mulai dari sepinya pendonor hingga belum maksimalnya pelaksanaan donor darah yang biasa digelar instansi ditengarai menjadi satu diantara penyebab stok darah kosong di PMI Surabaya.

“Pendonor memang sepi sampai saat ini. Karena itu stok darah kosong. Selain itu, kami juga menduga bahwa masih belum maksimalnya kegiatan donor darah yang biasa digelar instansi juga jadi penyebab, ” terang Martono Adi, Kamis (18/3/2022).

Pada hari biasa, lanjut Martono diperoleh atau terkumpul sekurangnya 300 bags darah. Tetapi pada hari-hari ini berkurang hingga tinggal beberapa bags saja. Dan puncaknya pada Kamis (18/3/2021) persediaan darah di PMI Surabaya kosong.

Dengan kosongnya persediaan darah di PMI Surabaya tersebut dapat dipastikan berdampak pada layanan permintaan masyarakat. “Tentu saja permintaan darah dari masyarakat, pasien, belum terlayani seluruhnya, ” tambah Martono.

Oleh karena itu, kepada pendonor maupun masyarakat yang akan mendonorkan darah ke PMI Surabaya, bisa segera melakukan donor darah. Selain menambah persediaan darah sekaligus mengamankan stok darah di PMI Surabaya diharapkan permintaan masyarakat dapat terlayani. Sementara itu, untuk stok plasma konvalensen dipastikan persediaan di PMI Surabaya hingga Kamis (18/3/2021) masih aman dan cukup. (tok/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran di Tanjungsari

Kemacetan di Tol Waru arah Dupak

Gerhana Bulan Total di Waru

Surabaya
Selasa, 15 Juni 2021
26o
Kurs