Rabu, 25 Mei 2022

Sukseskan Program SMK PK, Diploma 3 UHW Perbanas Dampingi SMK Wahid Hasyim Lamongan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Secara simbolis program pendampingan menuju SMK PK dilakukan UHW Perbanas untuk SMK Wahid Hasyim Lamongan. Foto: humas UHW Perbanas

Program Diploma 3 Universitas Hayam Wuruk (UHW) Perbanas melakukan pendampingan pada SMK Wahid Hasyim, Glagah Lamongan, dalam bentuk workshop yang dilaksanakan secara daring maupun luring guna meningkatkan mutu sekolah, Kamis (9/9/2021).

Kegiatan itu direalisasikan lewat Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK PK) 2021 oleh Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi Kemdikbudristek.

Dr. Yudi Sutaro Rektor UHW Perbanas menjelaskan bahwa program dari Kemdikbudristek ini hanya menunjuk 146 perguruan tinggi se-Indonesia.

Di Jawa Timur, ada 19 kampus yang bertugas untuk mendampingi SMK terpilih Program SMK PK ini, dan satu diantaranya adalah Universitas Hayam Wuruk Perbanas.

Kemudian, sektor prioritas dan kompetensi yang diunggulkan meliputi bidang ekonomi kreatif, hospitality, kerja sama luar negeri, permesinan dan konstruksi, pekerja migran, dan beberapa bidang lain.

“Ini adalah bagian dari visi kami untuk memberikan manfaat kepada pihak lain (sekolah). Mudah-mudahan kegiatan ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan mutu sekolah dan kualitas lulusannya serta capaian program SMK Pusat Keunggulan ini terwujud. Semoga SMK Wahid Hasyim Glagah Lamongan menjadi SMK Pusat Unggulan di wilayahnya,” terang Yudi Sutarso, Kamis (9/9/2021).

Ditambahkan Dr. Kautsar Riza Salman Ketua Program Diploma 3 UHW Perbanas mengatakan, aktivitas ini dimulai dari koordinasi dengan pihak sekolah dalam rangka pendampingan pemenuhan 8 standar nasional pendidikan dan implementasi link and match dengan dunia kerja.

“Kami juga adakan in house training secara offline maupun online. Seperti yang kami jalankan sekarang, yakni memberikan pelatihan kepada kepala sekolah dan guru SMK Wahid Hasyim Glagah,” kata Kautsar.

Materi pelatihan pun, tambah Kautsar, beragam sesuai kebutuhan sekolah. Materinya berfokus pada penyusunan perencanaan, pengelolaan, hingga pengembangan SMK termasuk pemanfaatan teknologi informasi dan digital.

Di antaranya, penyusunan program 2021 dan revisi peta jalan, pengembangan platform teknologi, training update teknologi Google form dan iSpring, penguatan budaya kerja, penguatan karakter, penelusuran tamatan, dan penjajakan kerja sama Dunia Kerja Dunia Industri (DUDI).

“Semua materi itu diberikan oleh narasumber dari Universitas Hayam Wuruk Perbanas. Pematerinya juga berkolaborasi dari pihak DUDIKA PT. Bina Menara Internusa (BMI) dan pengawas sekolah,” papar Kautsar.

Sementara itu, H. Abdul Matin, S.Pd.I., Kepala SMK Wahid Hasyim, Glagah Lamongan, menyambut baik program SMK PK ini diterapkan di sekolahnya.

Target SMK Wahid Hasyim Glagah di masa depan nanti adalah menjadikan SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai pusat keunggulan, peningkatan kualitas, dan rujukan bagi SMK lainnya.

“Saya berharap workshop yang dilaksanakan ini menjadi wahana interaksi yang positif baik dari pihak civitas akademika maupun narasumber sehingga menjalin silaturahmi yang erat di segala unsur,” ujar Abdul Matin.(tok/den)

Berita Terkait

Surabaya
Rabu, 25 Mei 2022
28o
Kurs