Rabu, 24 April 2024

Surabaya Sediakan Perpustakaan di Tengah Pemukiman Warga demi Kemudahan Akses

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Anak-anak membaca buku bersama di salah satu Taman Bacaan Masyarakat. Foto : Humas Pemkot

Pemerintah Kota Surabaya menyediakan perpustakaan atau Taman Baca Masyarakat (TBM) di tengah-tengah permukiman maupun taman kota.

Pendirian perpustakaan atau TBM, selain sebagai pusat ilmu pengetahuan diharapkan juga berdampak nyata terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Musdiq Ali Suhudi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Surabaya bilang, pembangunan perpustakaan atau TBM memang harus mendekati pemukiman masyarakat.

Tujuannya, supaya masyarakat dari berbagai kalangan bisa lebih mudah memanfaatkan itu untuk memperluas pengetahuan mereka.

“Dengan masuknya perpustakaan ke tengah-tengah pemukiman ini, kita berharap masyarakat-masyarakat yang aksesibilitas terbatas pun bisa memanfaatkan itu,” kata Musdiq, Selasa (25/5/2021).

Inilah yang membedakan perpustakaan yang ada di Surabaya dengan kota-kota lain di Indonesia. Di kota lain mungkin lebih prioritas satu perpustakaan besar yang tersentral di tengah kota.

Perpustakaan yang tersentral hanya akan memfasilitasi masyarakat yang tidak punya kesulitan akses untuk datang ke perpustakaan tersebut.

“Kalau mereka harus datang ke perpustakaan pusat mungkin yang pertama mereka terlalu jauh, atau tidak semua hafal daerahnya,” katanya.

Musdiq juga bilang, keberadaan perpustakaan atau TBM itu dia harap mampu berkontribusi dalam hal solusi berbagai masalah sosial.

Salah satunya seperti di Perpustakaan Rakyat di Kelurahan Pagesangan, Kecamatan Jambangan Surabaya.

“Seperti di Perpustakaan Rakyat Kelurahan Pagesangan itu juga punya beberapa UMKM binaan yang memang memanfaatkan perpustakaan itu,” kata Musdiq.

Perpustakaan itu telah berkontribusi banyak bagi masyarakat sekitar. Tak heran, jika perpustakaan ini pernah meraih juara III Nugra Jasadharma Pustaloka dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia pada 2019 lalu.

“Jadi mereka melakukan pendidikan pendampingan untuk literasi masyarakat di sekitar. Di sana ada sungai, ada pos-pos tempat kita mendidik masyarakat. Itu merupakan unggulan di Jambangan,” kata Musdiq. (man/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
28o
Kurs