Minggu, 28 April 2024

Tanggulangi Kekosongan Plasma Konvalesen, Siapkan Roadshow Empat Kota

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kegiatan donor plasma konvalesen digelar di UDD PMI Surabaya untuk penyintas Covid-19. Foto: Totok/dok. suarasurabaya.net

Paguyuban Penyintas Covid-19 Jawa Timur menggelar road show empat kota agar stok plasma konvalesen kembali normal. Ini setelah Palang Merah Indonesia Surabaya menyatakan bahwa stok plasma konvalesen sempat kosong.

Edy Soekotjo Koordinator Paguyuban Penyintas Covid-19 Jawa Timur membenarkan bahwa pihaknya memang sedang mempersiapkan pelaksanaan road show dalam rangka pemenuhan plasma konvalesen yang kosong tersebut ke empat kota di Jawa Timur.

“Dalam waktu dekat kami gelar road show ke empat kota. Surabaya, Trenggalek, Sidoarjo dan Gresik, sementara untuk awal empat kota itu sudah siap. Karena memang plasma konvalesen saat ini, khususnya di PMI Surabaya sedang kosong,” terang Edy Soekotjo, Sabtu (5/6/2021).

Sejatinya, lanjut Edy pihaknya mengagendakan sejumlah kota lain di Jawa Timur juga akan disasar road show donor darah dan donor plasma konvalesen. Ini memang bagian upaya paguyuban penyintas membantu menambah stok plasma konvalesen.

Selain menggelar pemeriksaaan kesehatan dalam rangka donor darah dan donor plasma konvalesen, Edy menambahkan bahwa pihaknya juga akan melakukan kembali sosialisasi pentingnya melaksanakan donor, termasuk donor plasma konvalesen kepada penyintas dan masyarakat luas.

“Kami juga akan sosialisasikan kepada penyintas Covid-19 dan masyarakat luas tentang pentingnya donor plasma konvakesen. Ini penting dilaksanakan agar masyarakat luas dan penyintas Covid-19 makin memahami makna pentingnya donor plasma konvalesen,” kata Edy.

Dengan anggota tercatat lebih dari 6.000 penyintas Covid-19, Edy menegaskan akan berusaha semaksimal mungkin menjaga ketersediaan plasma konvalesen, satu diantaranya memaksimalkan media sosial.

“Untuk gelar road show akan kami gelar bertepatan dengan Hari Donor Sedunia pada 14 Juni. Sedangkan upaya yang terus kami lakukan kepada sesama penyintas Covid-19 dengan memaksimalkan media sosial terkait kosognya plasma konvalesen di PMI Surabaya, ” pungkas Edy Soekotjo. (tok/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Minggu, 28 April 2024
33o
Kurs