Minggu, 19 Mei 2024

Terapi Musik Klasik Pada Lansia Antarkan Jadi Wisudawan Akademik Terbaik UKWMS

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Gelar wisuda, UKWMS tetap laksanakan protokol kesehatan (prokes) ketat. Foto: Humas UKWMS

Theresia Andika Putri Subhagia wisudawan dengan dua predikat, Akademik Terbaik dan Aktif Berprestasi dari Fakultas Keperawatan Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) lakukan pemberian terapi okupasi dan terapi musik klasik pada lansia. Karena lansia seringkali alami kesepian, terlebih di masa pandemi seperti saat ini.

“Terapi Okupasi adalah terapi yang dilakukan bagi orang dengan kondisi kesehatan tertentu agar mau beraktivitas. Kami pilih kegiatannya membuat gelang agar saat kegiatan, para lansia bisa turut bersosialisasi, serta mendengarkan musik klasik. Terbukti dua terapi ini efektif menurunkan rasa kesepian, serta meningkatkan semangat hidup pada lansia yang berada di panti werdha,” papar Esa sapaan Theresia Andika Putri Subhagia, Senin (13/9/2021).

Esa yang juga aktif mengembangkan soft skills nya, pernah mengikuti pertukaran pelajar ke Saint Louis College Bangkok, Thailand hingga menjuarai Lomba Paduan Suara Nasional di Universitas Gajah Mada (UGM) bersama Paduan Suara Cantate Domino. Esa dengan prestasinya itu ber hak mengikuti wisuda UKWMS.

Wisudawan akademik terbaik lainnya Yohanes Sanjaya berasal dari program studi Teknik Elektro Fakultas Teknik UKWMS yang melakukan penelitian mengenai Distribusi Beban Telapak Kaki. Yohanes Sanjaya, merancang sistem pemantauan distribusi beban telapak kaki berbasis Raspberry Pi.

“Keabnormalan pembebanan telapak kaki pada posisi berdiri seperti tidak simetris dan distribusi tekanan yang tidak merata, dapat menyebabkan perubahan fisiologis ekstremitas bagian bawah. Hal ini yang kemudian memicu terjadinya cedera pada telapak kaki bahkan Ulkus Kaki Diabetik,” terang Yohanes Sanjaya.

Menggunakan dua buah sensor berbentuk sol sepatu, resistansi diubah menjadi tegangan melalui rangkaian pembagi tegangan yang diatur multiplexer demultiplexer dan diakuisisi Raspberry Pi untuk diproses. Sebagai contoh, saat seseorang harus melakukan aktifitas yang mengharuskan berdiri lama, tumitnya terasa kram dan sakit. Maka melalui alat tersebut, dapat diketahui bahwa titik tekanan terbeban di tumit.

Sementara itu, selain melakukan penelitian dan merancang sebuah sistem, Esa dan Yohanes Sanjaya sepakat bahwa selama berkuliah, mereka banyak mendapatkan pengalaman hingga soft skillnya terasah. Mulai aktif di organisasi mahasiswa, mengikuti berbagai lomba, hingga ikut serta dalam pengabdian masyarakat bersama dosen.

“Sampai kami lulus saat ini, masih teringat nilai keutamaan universitas, satu di antaranya komit. Kita harus komit dengan apa yang sudah kita mulai dan menyelesaikannya dengan baik. Dan kita semua adalah yang terhebat, karena bisa bertahan hingga saat ini,” ungkap Yohanes Sanjaya mewakili para wisudawan UKWMS lainnya.

Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) kembali menggelar Upacara Wisuda Semester Genap Tahun Akademik 2020/2021 secara daring dan luring drive thru, bertempat di Lobby Auditorium UKWMS Kampus Pakuwon City dengan menerapkan protokol kesehatan (prokes). Pada kesempatan wisuda kali ini, UKWMS mengukuhkan sebanyak 658 wisudawan.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya
Kurs
Exit mobile version