Selasa, 25 Januari 2022

Tillandsia, Tanaman Gantung yang Hidup Mengandalkan Udara

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Tillandsia, tanaman udara tidak memerlukan media tanah, Sabtu(20/11/2021) Foto: Wildan suarasurabaya.net

Umumnya tanaman tumbuh di atas media tanah, sekam, atau air dengan sistem hidroponik. Tapi ada jenis tanaman yang mampu hidup selama ada udara. Namanya Tillandsia.

Mega dari Little Green Heaven menjelaskan, Tillandsia di alam asalnya tumbuh menempel pada batang, cabang, hingga ranting-ranting tumbuhan lain yang tinggi.

“Banyak ditemukan di hutan. Bukan parasit yang merugikan pohon tetapi hanya berpegang saja, kayak anggrek,” ujarnya kepada suarasurabaya.net, Sabtu (20/1/2021).

Little Green Heaven yang memamerkan beragam jenis Tillandsia turut meramaikan “Tropical Land”, Pameran Reptil dan Tanaman Hias hari kedua di Suara Surabaya Centre.

Tanaman ini, kata Mega, menjadi spesial karena keunikan dan kelangkaannya. Tillandsia bersifat epifit dan tidak butuh tanah, karena punya kemampuan menyerap air dan nutrisi melalui daun.

“Nutrisi dikumpulkan dari udara, seperti debu, melalui struktur pada daun berupa bulu-bulu halus yang dimiliki di sekujur daun hingga pelepahnya yang disebut trichomes,” ujarnya.

Kalau diperhatikan lebih dekat, di permukaannya memang bulu-bulu halus berwarna putih yang berfungsi untuk menangkap udara lembab yang mengandung air sebagai sumber air dan nutrisinya.

Tanaman ini bisa hidup dengan berpegangan pada batang, cabang, hingga ranting-ranting tumbuhan. Foto” Manda Roosa suarasurabaya.net

Tanaman hias ini sering dijadikan bahan ornamental plant. Biasa ditanam secara kelompok menjadi taman mini yang unik.

Bisa juga ditanam di atas potongan kayu, batu, atau menjadi bahan terrarium. Bahkan, ditanam di atas kristal pun Tillandsia ini mampu hidup.

Mega menjelaskan tanaman udara tidak memerlukan penyiraman dan pemupukan secara rutin seperti tanaman lain.

“Hanya perlu disemprot air bersih sekitar dua minggu sekali. Kalau musim kemarau atau udara kering dan sangat panas, tanaman ini perlu disemprot air lebih sering,” sarannya.

Ada beberapa macam tanaman udara yang dikenal, antara lain jenggot musa (Tillandsia usneoides) yang berbentuk gumpalan benang halus yang menggantung.

Lainnya ada rambut medusa (Tillandsia caput-medusase) yang berupa daun-daun kaku yang menjulur seperti rambut medusa (dewa ular).

Tillandsia streptocarpa yang daun-daunnya melengkung kaku menjadi salah satu dalam daftar tanaman yang mampu hidup tanpa media tanam.

Soal harga tanaman udara yang ditawarkan di Tropical Land ini bervariasi. Mulai dari Rp50 ribu sampai yang paling mahal mencapai Rp2,5 juta.(man/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Selasa, 25 Januari 2022
28o
Kurs