Minggu, 28 November 2021

Tujuh Provinsi Ini Rawan Lonjakan Varian Delta

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan. Foto: Istimewa

Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan mengatakan, ada tujuh provinsi di Indonesia yang masuk dalam kategori rawan terjadi lonjakan kasus Covid-19 akibat serangan varian Delta.

“Kami sudah lihat ada lima provinsi di Pulau Sumatera dan dua provinsi di Kalimantan yang kita harus ekstra hati-hati agar kita bisa mempersiapkan dengan baik,” kata Menkes hari ini, Selasa (6/7/2021) dilansir Antara.

Provinsi tersebut di antaranya, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Riau, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Budi mengatakan pemerintah sudah mencoba mengantisipasi lonjakan kasus di sejumlah daerah yang berpotensi rawan mengingat varian Delta memiliki laju penularan yang sangat cepat.

“Kami sudah lihat di mana kira-kira provinsi lain yang akan memungkinkan ke depannya akan ada kenaikan dan lonjakan yang cukup tinggi. Kami antisipasi,” katanya.

Dalam kesempatan itu Menkes juga menyampaikan bahwa Joko Widodo Presiden menginginkan penyuntikan vaksin Covid-19 ditingkatkan menjadi lima juta dosis per hari.

“Presiden berharap agar dipastikan satu juta dosis vaksinasi per hari di Juli 2021 ini dicapai. Pada Agustus ingin dua juta dosis per hari dan kalau perlu bisa ditingkatkan sampai lima juta dosis per hari,” katanya dalam konferensi pers secara virtual yang dipantau dari Jakarta, Selasa.

Budi memperkirakan target penyuntikan satu juta dosis vaksin per hari bisa dicapai pada Juli 2021 mengingat pemerintah sudah memperoleh tambahan pasokan vaksin Covid-19 sebanyak 31 juta dosis.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Minggu, 28 November 2021
25o
Kurs