Jumat, 29 Maret 2024

“Tutur Mata,” Kumpulan Karya Fotografi Terbaik Lima Anak Disabilitas Surabaya

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Buku Tutur Mata, merupakan karya dari lima anak disabilitas. Ada Omay, Pina, Kiking, Mukidi  dan Jacky, Sabtu(18/12/2021). Foto: manda Roosa suarasurabaya.net

Setelah berproses sejak 2016, lima fotografer muda berbakat yang merupakan anak-anak disabilitas UPTD Liponsos Kalijudan Surabaya meluncurkan buku foto “Tutur Mata” bertempat di Surabaya Suites Hotel, Sabtu (18/12/2021).

Kelima anak itu adalah Omay penyandang down syndrome, Pina, Kiking, Mukidi, dan Jacky (bisu tuli).

Kelima sobat fotogafi ini memamerkan karya terbaik mereka dalam buku bertajuk “Tutur Mata”. Buku ini memuat 48 foto terpilih oleh Mamuk Ismuntoro  kurator dan lead project buku ini.

“Proses pengerjaan project ini sejak setahun, objek yang diambil sekitaran Surabaya dan paling jauh perbatasan Surabaya,” jelasnya.

Objeknya, mulai dari Pabrik Tahu di kawasan Dinoyo, Keindahan Jembatan Suramadu, Kain batik Sibori, dan aktivitas kegiatan mereka sehari-hari.

“Memperhatikan dan menyeleksi ratusan karya foto mereka jadi pelajaran tersendiri bagi saya. Betapa sobat fotografer muda ini adalah pendobrak asumsi kemustahilan karya terbaik penyandang disabilitas,” kata Mamuk. (man/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs