Sabtu, 20 April 2024

Ubaya Maksimalkan Virtual Reality untuk Perkuliahan dan Praktikum secara Daring

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Meskipun menggunakan perangkat virtual reality, perangkat yang lumayan memiliki banyak aplikasi dan sarana tersebut tetapi cara mengoperasionalkan perangkat ini cukup sederhana.
(Foto: Totok suarasurabaya.net)

Masih tingginya kasus Covid-19 di Surabaya membuat Universitas Surabaya (Ubaya) berencana menggelar perkuliahan dan praktikum pada Agustus 2021 secara daring memaksimalkan teknologi virtual reality (VR).

“Agustus nanti, kami berencana menggelar perkuliahan. Namun karena kasus Covid-19 semakin meningkat, perkuliahan kami lakukan tetap secara daring. Mahasiswa tidak harus datang ke kampus saat akan mengikuti perkuliahan. Bisa tetap di rumah,” kata Dr. Ir. Benny Lianto Rektor Universitas Surabaya, Jumat (2/7/2021).

Sedangkan untuk mahasiswa yang mengikuti perkuliahan dalam bentuk praktikum, lanjut Benny, dia memastikan akan memaksimalkan teknologi virtual reality (VR).

“Teknologi tersebut akan kami manfaatkan semaksimal mungkin untuk praktikum mahasiswa. Kondisi saat ini masih belum memungkinkan tatap muka,” kata Benny.

Meskipun dilakukan menggunakan teknologi VR, ditegaskan Benny pihaknya terus berupaya agar praktikum bisa dilaksanakan seperti pada bentuk praktikum tatap muka. “Kami terus berupaya membuat inovasi-inovasi terkait dengan teknoloogi. Tidak terkecuali VR untuk praktikum,” tegas Benny.

Saat ini, mahasiswa memang tidak harus melakukan praktikum di kampus. Demikian juga dengan perkuliahan. Oleh karena itu, pihak kampus terus melakukan inovasi dalam rangka memberikan kemudahan perkuliahan dan praktikum mahasiswa di masa pandemi ini.

“Kalau memang tidak urgent, mahasiswa tidak harus ke kampus. Demikian juga dengan para dosen dan karyawan tetap kami wajibkan menjaga protokol kesehatan. Termasuk ketika mereka ada tugas di kampus, wajib patuh protokol kesehatan,” ujar Benny.(tok/dfn/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
31o
Kurs