Kamis, 18 April 2024

Uji Kesehatan Jembatan, Suramadu Ditutup Dua Jam

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Jembatan Suramadu. Foto: dok.suarasurabaya.net

Jembatan Suramadu akan dimonitoring kelayakan dan keamanannya dengan uji ‘kesehatan’, yang akan dilakukan oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) pada Senin (20/12/2021) besok.

Untuk kegiatan ini, jembatan Suramadu akan ditutup total selama dua jam mulai pukul 23.00 sampai Selasa (21/12/2021) pukul 01.00 WIB.

Herlambang Zulfikar Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Jembatan Suramadu dari BBPJN VIII Wilayah Jatim mengatakan, pihaknya akan mengecek kondisi jembatan mulai dari balok, girder atau gelagar jembatan, hingga lantai jembatan.

“Dari Surabaya ditutup sebelum gate, dari Madura juga sebelum gate. Jadi ditutup total tidak ada kendaraan yang berada di atas jembatan,” katanya kepada Radio Suara Surabaya, Rabu (15/12/2021).

Herlambang mengatakan, saat ini, semua lampu yang ada di Jembatan Suramadu sudah kembali menyala. Selanjutnya, sebanyak 18 truk akan diterjunkan untuk mengecek lendutan jembatan (perubahan bentuk pada balok akibat adanya pembebanan vertikal yang diberikan pada balok atau batang jembatan).

“Akan dicek semuanya. Intinya kami akan melakukan pemeliharaan terhadap semua elemen di Jembatan Suramadu. Nanti kita percantik lagi,” tambahnya.

Herlambang juga menegaskan, kegiatan ini sudah dilakukan setelah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti kepolisian dan dinas perhubungan.

Untuk itu, ia memohon masyarakat untuk mengantisipasi melewati Jembatan Suramadu di waktu penutupan itu.

“Kita mau minta maaf yang akan melewati Suramadu, kita akan lakukan penutupan. Sudah berkoordinasi dengan stakeholder terkait. Kita sepakat ditutup tanggal 20 (Desember) jam 23.00 WIB sampai jam 01.00 malam, dua jam saja,” tambahnya.(tin/rst/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 18 April 2024
29o
Kurs