Minggu, 5 Mei 2024

UMKM di Sidoarjo Keluhkan Pungli, Istri Bupati Minta Pelaku Berhenti

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Ning Sasha Istri Gus Muhdlor Bupati Sidoarjo sekaligus Ketua TP PKK Sidoarjo mengunjungi UMKM di Wonoayu, Sabtu (16/10/2021). Foto: Humas Pemkab Sidoarjo

Salah satu pelaku UMKM di Kecamatan Wonoayu Kabupaten Sidoarjo mengeluhkan adanya pungutan liar oleh oknum. Dia sampaikan itu kepada istri Bupati Sidoarjo.

Hari ini, Sabtu (16/10/2021), Sa’ada Ahmad Muhdlor Ali yang kerap disapa Ning Sasha melakukan gowes rutinan mengunjungi dua UMKM di Kecamatan Wonoayu.

UMKM itu antara lain usaha pembuatan roti di Desa Plaosan dan usaha pembuatan Kerupuk Amplang dan camilan Kripik Usus di Desa Semambung.

Tidak hanya melihat proses produksi, Ning Sasha juga ikut belajar cara pembuatan makanan itu, sekaligus mendengar
langsung kendala para pelaku UMKM.

Salah satu pelaku UMKM itu ternyata mengeluhkan ada oknum tidak bertanggung jawab yang menarik pungli dengan dalih perizinan UMKM yang kurang lengkap.

“Ada keluhan dari pelaku UMKM soal pungutan liar. Saya harap mereka yang mintah jatah itu segera berhenti, jangan menyusahkan UMKM,” kata Ning Sasha.

Neng Sasha menegaskan, tidak seharusnya ada pungli. Apalagi di masa pandemi. Semua pihak harusnya bergandeng tangan saling membantu pemulihan ekonomi.

“Kalau kelengkapan izinnya memang masih ada yang kurang, harusnya dibantu. Bukannya dimintai uang,” kata perempuan yang juga Ketua TP PKK Sidoarjo itu.

Tindakan pungutan liar semacam itu, menurutnya akan menghambat berkembangnya usaha kecil menengah di desa-desa

“Saya minta mereka yang merasa melalukan pungli segera berhenti, kalau masih diteruskan akan kami laporkan ke pihak berwajib!” Ujarnya.

Sebagai Ketua TP PKK Sidoarjo, dia tegaskan, organisasinya selalu mendukung UMKM. Program keberlangsungan UMKM juga termasuk program PKK di Desa.
(den)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Minggu, 5 Mei 2024
24o
Kurs