Sabtu, 27 April 2024

Vaksin Covid-19 yang Dikembangkan LIPI Diperkirakan Ujicoba Kuartal Ketiga 2021

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Gedung LIPI. Foto: LIPI

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memperkirakan vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkannya akan diuji coba ke hewan pada kuartal ketiga 2021.

“Kami sedang memproduksi protein dalam jumlah yang mencukupi untuk uji preklinis,” kata Wien Kusharyoto Kepala Laboratorium Rekayasa Genetika Terapan LIPI, diwartakan Antara, Senin (29/3/2021).

Peneliti dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI itu juga menuturkan, LIPI saat ini tengah melakukan proses penelitian pembuatan vaksin yang telah dimulai sejak Juni 2020. LIPI mengembangkan bibit vaksin Merah Putih dengan platform protein rekombinan fusi.

Menurut Wien, jika uji coba ke hewan itu berhasil, akan berlanjut pada tahap uji klinis ke manusia.

Proses pembuatan bibit vaksin diawali dengan mendesain sandi protein dan gen penyandinya, berbasis pada sekuen dan struktur protein spike dari virus SARS-CoV-2 penyebab Covid-19.

Setelah itu, dilakukan transfeksi gen ke dalam sel, yang dilanjutkan dengan membiakkan sel agar memproduksi protein rekombinan kandidat vaksin. Sel yang digunakan oleh LIPI adalah sel CHO (Chinese Hamster Ovary) yang tahapan prosesnya mirip dengan proses produksi vaksin Sinovac.

Pada tahapan pembuatan vaksin Sinovac, virus penyebab Covid-19 dikembangbiakkan menggunakan sel Vero. Di dalam sel tersebut, virus dapat memperbanyak diri.

Setelah memperbanyak diri, virus akan keluar dari sel dan dapat dipanen. Setelah dipanen, virus kemudian diisolasi dan dimurnikan dari komponen-komponen yang mengganggu. Selanjutnya, virus dimatikan. Caranya pun beragam, salah satunya dengan menggunakan bahan kimia.

Kemudian, pemurnian dilakukan berulang agar diperoleh bahan vaksin. Agar fungsinya meningkat, bahan vaksin akan ditambahkan komponen lain (adjuvan).(ant/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
29o
Kurs