Kamis, 25 April 2024

Varian Baru Virus Corona Banyak Terdeteksi di Sumatera dan Kalimantan

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: Dukut suarasurabaya.net

Tiga varian Virus Corona hasil mutasi dari Inggris (B117), dari Afrika Selatan (B1351), dan dari India (B1617), sudah terdeteksi keberadaannya di sejumlah daerah Indonesia.

Dalam keterangan pers yang disampaikan siang hari ini, Senin (10/5/2021), di Kantor Presiden, Jakarta, Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan menungkapkan, virus mutasi baru itu kebanyakan masuk Indonesia terbawa orang dari Arab Saudi, Afrika, India dan Malaysia.

“Kasus infeksi ketiga jenis virus yang masuk ketegori berbahaya versi organisasi kesehatan dunia (WHO), banyak terjadi di Sumatera dan Kalimantan,” ujarnya.

Menurut Budi Gunadi, virus dari Inggris sudah terdeteksi masuk Indonesia bulan Januari 2021, dan kebanyakan beredar di daerah Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Bali.

Kemudian, varian dari Afrika Selatan sementara cuma terdeteksi ada satu kasus di Bali.

Sedangkan kasus infeksi varian virus dari India banyak terdeteksi di Sumatera Selatan serta di Kalimantan Tengah.

Sebagai antisipasi penyebaran, Menkes mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan.

“Penting bagi masyarakat untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan, antara lain memakai masker, menjaga jarak fisik, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas,” kata Budi.

Menurutnya, sebanyak apa pun varian Virus Corona yang bermutasi, penularan bisa dihindari dengan cara disiplin protokol kesehatan.(rid/frh/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs