Jumat, 19 April 2024

Viral Warga Tuban Borong Mobil, Kades: Itu Kebutuhan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, beramai-ramai membeli mobil baru, Minggu (14/2/2021). Foto: Tangkapan layar

Sekira tiga hari ini, jagad dunia maya dihebohkan video viral tentang deretan truk yang mengirimkan belasan mobil baru pesanan warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Gihanto Kepala Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban membenarkan video itu. Mobil baru yang ada di video itu hanya sebagian kecil saja.

“Jadi yang beli bersamaan di hari Minggu, 17 unit. Untuk yang lainnya sampai sekitar 180 unit,” ujarnya kepada Radio Suara Surabaya, Rabu (17/2/2021).

Gihanto menjelaskan, warganya membeli mobil bukan untuk pamer, tapi karena kebutuhan.

“Memang kebutuhan dari penerima. Sekian banyak, ada yang belum punya mobil. Ada juga yang sudah punya. Untuk bepergian satu keluarga. Ada yang pick up untuk bekerja juga,” kata dia.

Uang untuk membeli mobil-mobil tersebut berasal dari hasil pembebasan lahan oleh PT. Pertamina. Luas lahan yang dibebaskan mencapai 225 hektare dengan jumlah pemilik juga 225 orang.

Pertamina menghargai tanah warga dengan harga Rp600-800 ribu/meter, sehingga nominal yang didapatkan pemilik tanah bervariasi, mulai Rp36 juta sampai Rp26 miliar.

Menurut Gihanto, proses pembebasan tanah hanya membutuhkan waktu setahun.

PT Pertamina juga sudah memberikan edukasi mengelola keuangan dan investasi kepada warga Desa Sumurgeneng, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

“Warga kebanyakan dipakai untuk beli tanah lagi, renovasi rumah, didepositokan, dan beli mobil,” kata Gihanto.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs