Senin, 20 Mei 2024

Wabup Sidoarjo Dukung Program Pencegahan Zoonosis dengan Pendekatan One Health

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Subandi Wakil Bupati Sidoarjo dalam seminar Pencegahan Zoonosis Dengan Pendekatan “One Health” yang di gelar di Hotel Aston Sidoarjo, Kamis (10/6/2021). Foto: Diskominfo Sidoarjo

Masih dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit di tengah pandemi Covid-19 dan juga dalam rangka sinergitas lintas sektoral, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo melalui Dinas Pangan dan Pertanian menyelenggarakan kegiatan Seminar Pencegahan Zoonosis Dengan Pendekatan “One Health” yang di gelar di Hotel Aston Sidoarjo, Kamis (10/6/2021).

Zoonosis menjadi isu kesehatan global. Zoonosis merupakan penyakit menular yang berasal dari hewan kepada manusia atau sebaliknya, dimana dalam usaha peternakan Indonesia rentan sekali terhadap berbagai penyakit termasuk zoonosis. Sehingga zoonosis termasuk ancaman bagi kesehatan manusia.

Eni Rustianingsih Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo menyampaikan, One Health merupakan strategi pengendalian zoonosis dengan mengutakaman prinsip pencegahan penularan pada manusia dengan peningkatan upaya-upaya mengendalian zoonosis pada sumber penularan, penguatan koordinasi lintas sektor singkronisasi di dalam pembinaan, pengawasan pemahaman dan evaluasi pelaksanaan kebijakaanya.

“Terciptanya koordinasi lintas sektoral di Kabupaten Sidoarjo dalam upaya pencegahan penyakit akibat zoonosis dengan pendekatan one health, terciptanya sistem kesehatan hewan yang kuat agar dapat melacak dan mengendalikan kejadian luar biasa dengan lebih baik, antisipasi penularan penyakit antrax akibat jual beli hewan,” tambahnya berdasarkan keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net.

Subandi Wakil Bupati yang membuka secara resmi kegiatan ini dalam sambutannya menyampaikan berkaca dari pandemi Covid-19 yang sedang mewabah dan masih belum pasti kapan berakhirnya, maka segenap pemangku kepentingan di dunia kesehatan dan peternakan haruslah tetap siaga dalam memantau dan menanggulangi penyakit zoonosis.

Masalah zoonosis perlu dikendalikan karena dalam kondisi tertentu berpotensi menjadi wabah atau pandemi sehingga dapat berimplikasi pada aspek sosial, ekonomi, keamanan, dan kesejahteraan rakyat.

Strategi pengendalian zoonosis dilakukan dengan mengutamakan prinsip pencegahan penularan kepada manusia dapat ditingkatkan dengan kan upaya zoonosis pada sumber penularan, penguatan koordinasi dan sinkronisasi lintas sektor, pengawasan dan surveilan sumber penularan, evaluasi pelaksanaan kebijakan, strategi dan program perencanaan terpadu stake holder terkait.

“Saya berharap dalam acara ini, kita dapat berdiskusi dan berkoordinasi intensif untuk menguatkan ketahanan Kabupaten Sidoarjo kita tercinta ini dari munculnya wabah penyakit Zoonosis, dengan pendekatan One Health. Sehingga semua rakyat Sidoarjo dapat terjamin kesehatannya untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” ujarnya.(tin)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
30o
Kurs