Kamis, 21 Oktober 2021

Wamenkes Yakin Vaksinasi Tenaga Kesehatan Surabaya Bisa Tuntas Hari Ini

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Wamenkes didampingi Whisnu Sakti Buana Plt Wali Kota Surabaya. Foto: Istimewa

Dokter Dante Saksono Harbuwono Wakil Menteri Kesehatan Republik Indonesia datang dan membuka vaksinasi massal di Graha YKP Surabaya hari ini Minggu (31/1/2021).

Dia turut memantau pelaksanaan vaksinasi serentak tenaga kesehatan di Surabaya yang mana sesuai target Pemerintah Kota bisa tuntas hari ini.

Dokter Dante Wamenkes percaya, Pemkot Surabaya mampu menghadapi Pandemi Covid-19 yang dia analogikan seperti Perang Dunia Ketiga.

“Saya percaya Surabaya bisa menghadapi Perang Dunia Ketiga melawan penyebaran virus Covid-19 ini. Kita tahu, Surabaya sempat masuk zona hitam, sekarang zona kuning,” ujarnya.

Karena itu dia juga yakin Surabaya mampu menuntaskan vaksinasi terhadap seluruh tenaga kesehatannya, hari ini.

“Kalau Pak Plt Wali Kota tadi bilang, vaksinasi massal ini sudah mencapai 83 ribu, dan hari ini bisa 100 persen, saya juga yakin hal itu akan terjadi,” ujarnya.

Masalahnya, Dokter Dante Wamenkes kemungkinan salah memahami data tenaga kesehatan sasaran vaksin Covid-19 Sinovac yang ada di Surabaya.

Sebelumnya, Febri Adhitya Prajatara Kabag Humas Pemkot Surabaya menjabarkan, total  tenaga kesehatan di Surabaya yang jadi sasaran vaksin Covid-19 hanya 31.420 orang.

Enam ribu di antaranya belum menerima vaksinasi atau vaksinasi sudah dilakukan terhadap 83 persen tenaga kesehatan di Surabaya.

Pemkot Surabaya menargetkan, enam ribu nakes yang tersisa seluruhnya bisa menerima vaksin dalam kegiatan vaksinasi massal hari ini.

Vaksinasi massal ini tidak hanya berlangsung di Graha YKP Surabaya tapi juga di 63 fasilitas pelayanan kesehatan lain di Kota Surabaya.

Proses vaksinasi diperkirakan memakan waktu 6 sampai 7 menit setelah para tenaga kesehatan mendaftar ulang dan menjalani screening kesehatan.

Turut mendampingi kunjungan Wamenkes di Graha YKP Surabaya hari ini Whisnu Sakti Buana Plt Wali Kota Surabaya.

Dia mengaku bangga Surabaya mampu menjadi percontohan bagi daerah lain di Indonesia dalam hal vaksinasi Covid-19.(den/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Muat BBM Terbakar di Tol Pandaan

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Kamis, 21 Oktober 2021
31o
Kurs