Rabu, 18 Mei 2022

Waspadai Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Sejumlah Daerah

Laporan oleh Iping Supingah
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk waspada akan potensi hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di sejumlah daerah di Indonesia pada Kamis (25/11/2021).

BMKG Juanda memberikan peringatan dini untuk wilayah Jawa Timur pada hari ini, agar mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat saat pagi hari wi wilayah Kab. Mojokerto, Nganjuk, Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Pamekasan.

Sedangkan pada siang-sore hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Lamongan, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Magetan, Trenggalek, Tulungagung, Kota Blitar, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo dan Sumenep.

Suhu udara di Jawa Timur rata-rata berkisar 14 – 32 derajat Celcius. Kelembapan udara 65 – 100%. Angin dominan dari Barat Daya – Selatan dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Sementara itu dalam sistem peringatan dini cuaca seperti dilansir Antara, BMKG memprakirakan wilayah yang berpotensi mengalami hujan lebat disertai petir hingga angin kencang selain Jawa Timur juga di wilayah Aceh, Bali, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Gorontalo.

Kemudian Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku Utara.

Lalu di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Papua, Papua Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, dan Sumatera Selatan.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini potensi gelombang tinggi hingga mencapai empat meter di perairan Kepulauan Mentawai, Kep. Enggano, Lampung, Samudera Hindia Barat Sumatera, Selat Sunda bagian barat dan selatan.

Lalu perairan selatan Pulau Jawa, Samudera Hindia selatan Jawa hingga NTB, laut Natuna utara, dan kepulauan Utara Kep. Natuna.

​​​​​​Kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.(ant/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Jalan Tambak Osowilangon Macet

Jalan Ahmad Yani Surabaya Pada Petang Hari

Kemacetan di Ketintang Arah Jalan Karah

Surabaya
Rabu, 18 Mei 2022
28o
Kurs