Sabtu, 20 April 2024

WHO: Ada Dugaan Covid-19 Ditularkan Kelelawar ke Manusia Lewat Hewan Lain

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Coronavirus Disease (Covid-19). Grafis: Didik suarasurabaya.net

Penelitian terkait asal muasal kemunculan virus Sars Cov-2 yang dilakukan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan China, menunjukkan ada kemungkinan virus tersebut ditularkan dari kelelawar ke manusia melalui binatang lainnya.

Penelitian juga menyimpulkan kemungkinannya sangat kecil bahwa virus itu muncul akibat ada kebocoran di laboratorium.

Temuan tersebut sejalan dengan yang para pejabat WHO simpulkan dari hasil kunjungan mereka ke China pada bulan Januari-Februari lalu.

Namun, banyak pertanyaan masih belum terjawab. Tim riset mengusulkan agar penelitian lebih lanjut dilakukan pada setiap kemungkinan, kecuali hipotesis soal virus Corona berasal dari kebocoran laboratorium, dilaporkan Antara mengutip salinan hasil penelitian yang diberitakan Associated Press, Selasa (29/3/2021).

Tedros Adhanom Ghebreysus Direktur Jenderal WHO mengaku telah menerima laporan hasil penelitian para pakar independen, namun menolak memberikan keterangan rinci.

Pada konferensi pers di Jenewa, ia mengatakan, “Semua hipotesis dipertimbangkan serta memerlukan kajian yang lengkap dan lebih lanjut.”

Laporan penelitian setebal 400 halaman itu disusun oleh tim yang telah menjalankan misi ke Kota Wuhan, China tengah, tempat virus Corona pertama kali dilaporkan muncul pada 2019.

Laporan itu akan diterbitkan pada Selasa waktu setempat setelah para diplomat dari 194 negara anggota WHO diberi pemaparan soal temuan-temuan tim, kata Tedros.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
28o
Kurs