Senin, 18 Oktober 2021

Zona Merah Penyebaran Covid-19 Bertambah Menjadi 60 Titik

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Zona merah di Jawa Timur per tanggal 29 Juni 2021. Foto: Radar Covid Jatim

Satgas Penanganan Covid-19 mengungkapkan, per tanggal 27 Juni 2021, daerah risiko tinggi penularan Virus Corona (zona merah) melonjak menjadi 60 titik.

Padahal, pekan lalu zona merah tercatat sekitar 20 titik yang tersebar di sejumlah wilayah Indonesia.

Penetapan zonasi risiko daerah dilihat dari penilaian terhadap indikator epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan.

Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19 yang dirilis hari ini, Rabu (30/6/2021), 60 daerah itu tersebar di Pulau Sumatera, Kalimantan dan Jawa.

Dari jumlah tersebut, 22 titik zona merah paling banyak ada di Provinsi Jawa Tengah. Yaitu, Kabupaten Wonogiri, Kudus, Blora, Pati, Kendal, Brebes, Kebumen, Sukoharjo, Grobogan, Temanggung, Tegal, Purworejo, Wonosobo, Sragen, Demak, Semarang, Klaten dan Jepara.

Kemudian Kota Salatiga, Kota Pekalongan, Kota Semarang dan Magelang.

Berikutnya, di Provinsi Jawa Barat ada 11 zona merah, yaitu Kabupaten Bandung, Cirebon, Garut, Bandung Barat, Kuningan, Majalengka, Indramayu, dan Karawang. Kemudian Kota Cimahi, Kota Depok, dan Kota Bandung.

Lima kota administrasi di DKI Jakarta semuanya masuk zona merah. Di DI Yogyakarta juga ada lima zona merah, yaitu Kabupaten Kulonprogo, Bantul, Gunungkidul, Sleman, dan Kota Yogyakarta.

Sementara, di Jawa Timur ada tiga zona merah, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, dan Kota Madiun.

Selanjutnya, di Provinsi Banten tercatat ada empat zona merah, Kabupaten Lebak dan Tangerang, Kota Tangerang dan Kota Tangerang Selatan.

Di Pulau Sumatera ada delapan zona merah, yaitu Kabupaten Aceh Tengah, Kota Bengkulu, Kota Medan, Padang Sidimpuan, Kota Palembang, dan Kabupaten Pringsewu.

Dua zona merah lagi ada di Pulau Kalimantan, yaitu Kota Palangkaraya, dan Kota Pontianak.

Di tengah lonjakan kasus yang terjadi sebulan terakhir, zona oranye atau daerah risiko penularan sedang juga bertambah menjadi 308 kabupaten/kota.

Untuk zona kuning atau wilayah dengan risiko rendah penularan Covid-19 sekarang ada 129 titik. Sedangkan daerah yang masuk kategori zona hijau atau tidak ada kasus tercatat cuma 16 kabupaten/kota.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Truk Terguling di Lawang Malang

Truk Terguling Menimpa Taksi di Medaeng

Surabaya
Senin, 18 Oktober 2021
28o
Kurs