Jumat, 29 Maret 2024

1,3 Miliar Data Registrasi Kartu SIM Diduga Bocor

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Dugaan data pendaftaran kartu SIM milik Kominfo bocor. Foto: twitter @SRifqi

Kasus dugaan kebocoran data pelanggan kembali terjadi. Kali ini data pendaftaran yang meliputi NIK, nomor telepon, nama penyedia (provider), dan tanggal pendaftaran yang diduga berasal dari institusi milik pemerintah yaitu Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dijual bebas di pasar gelap.

Dalam cuitan yang dibagikan akun Twitter @SRifqi pada Kamis (1/9/2022) hari ini, ia menuliskan dugaan kebocoran 1,3 miliar data pendaftaran kartu SIM telepon Indonesia bocor. Penjual, kata @SRifqi, menyatakan bahwa data ini didapatkan dari Kominfo RI.

Terkait ini, Kemenkominfo menyatakan telah melakukan penelusuran internal.

“Dari penelusuran tersebut, dapat diketahui bahwa Kementerian Kominfo tidak memiliki aplikasi untuk menampung data registrasi prabayar dan pascabayar,” ujar Kemenkominfo dalam keterangan resmi di situs https://www.kominfo.go.id/.

Kemenkominfo juga menambahkan, berdasarkan pengamatan atas penggalan data yang disebarkan oleh akun Bjorka, dapat disimpulkan bahwa data tersebut tidak berasal dari Kementerian Kominfo.

“Kementerian Kominfo sedang melakukan penelusuran lebih lanjut terkait sumber data dan hal-hal lain terkait dengan dugaan kebocoran data tersebut,” pungkas Kemenkominfo.(dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
31o
Kurs