Kamis, 8 Desember 2022

150 Pekerja Migran dari Brunei Darussalam Tiba di Juanda 31 Januari

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
PMI yang tiba di Terminal 2 Kedatangan Internasional Bandara Juanda, Sabtu, (22/1/2022). Foto: Kominfo Jatim

Sebanyak 150 pekerja migran Indonesia (PMI) dari Brunei Darussalam akan tiba di Bandara Juanda pada Senin (31/1/2022) mendatang.

Sugianto Kepala Asrama Haji Surabaya mengatakan, PMI ini akan landing di Bandara Juanda sekitar pukul 14.00 WIB menggunakan pesawat carter Garuda.

“(Asal PMI) bervariasi, kemarin saya lihat di manivesnya bervariasi. 90 persen dari Jawa Timur,” kata Sugianto dihubungi Suara Surabaya, Sabtu (29/1/2022).

Secara umum, proses penyambutan PMI ini sama dengan kloter pertama yang tiba pada Sabtu (22/1/2022) lalu.

Saat tiba di Bandara Juanda, semua PMI harus menjalani pemeriksaan lengkap sebelum menjalani karantina di Asrama Haji Sukolilo. Mereka yang karantina di Asrama Haji Sukolilo Surabaya adalah yang hasil swab PCR-nya negatif Covid-19.

Pada hari keenam karantina, PMI akan menjalani tes PCR kedua. Kalau negatif, di hari ketujuh dipersilakan pulang sendiri ke daerah asalnya. Sementara yang positif, akan dirujuk ke RSUD dr. Soetomo Surabaya.

Pihaknya menambahkan, berdasarkan hasil rapat evaluasi yang digelar bersama berbagai pihak pada Jumat (28/1/2022) kemarin, penanganan Asrama Haji sudah relatif bagus namun ada beberapa hal yang harus dievaluasi.

“Masih ada PMI yang keluar kamar, kan itu harusnya tidak boleh. Petugas akan berjaga lebih ketat. Kami sempat mantau ada empat kamar yang saling berkunjung, tapi saya ketemu mereka ternyata mereka bersaudara. Itu tetap gak boleh,” ujarnya.

Selain itu, Sugianto mengatakan sistem karantina di tempatnya sekarang berbeda dengan yang dulu. Ada beberapa hal yang diperbarui untuk menyikapi varian Omicron.

“Kali ini penghuninya tidak boleh lebih dari dua orang per kamar. Selama karantina tidak boleh keluar kamar sama sekali. Masa karantina yang sebelumnya hanya tiga hari, kini baru boleh pulang setelah hari ketujuh,” ujarnya.

Selain itu, sistem pengasramaan Asrama Haji Sukolilo Surabaya kini menggunakan sistem zona atau bubble. Dua belas gedung Asrama Haji dibagi menjadi tiga zona, masing-masing zona empat gedung.(dfn/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Muatan Truk Jatuh Menutup Lajur di Jalan Dupak

Menerjang Kemacetan di Jembatan Branjangan

Atap Teras Pendopo Gresik Roboh

Surabaya
Kamis, 8 Desember 2022
29o
Kurs