Jumat, 26 April 2024

168 Anggota TNI AL Berangkat ke Hawai untuk Latihan Militer Bersama

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Laksda TNI Iwan Isnurwanto Panglima Koarmada II melepas Satgas Latihan Bersama Multilateral Rim of The Pacific (RIMPAC) 2022, Senin (6/6/2022). Foto: Manda Roosa suarasurabaya. net

Laksda TNI Iwan Isnurwanto Panglima Koarmada II melepas Satgas Latihan Bersama Multilateral Rim of The Pacific (RIMPAC) 2022, di Koarmada II, Senin (6/6/2022).

Dalam upacara pelepasan yang dilaksanakan di atas KRI Abdul Halim Perdakusuma itu, Iwan Isnurwanto menyampaikan bahwa TNI AL sejak tahun 2006 telah berpartisipasi aktif dengan mengirimkan personel dan alutsistanya.

“Tahun ini merupakan keterlibatan TNI AL yang ketujuh sedangkan secara keseluruhan sudah dilaksanakan ke-28 oleh USA, kali ini TNI AL mengirimkan KRI I Gusti Ngurah Rai-332, 1 peleton Marinir, serta sebagai staf Exercise Control dengan total peraonel 168 orang, ” jelasnya saat upacara pelepasan.

Latihan militer bersama dilaksanakan di Oahu Hawai ini akan berlangsung pada tanggal 29 Juni sampai dengan 4 Agustus 2022. KRI I Gusti Ngurah Rai tolak tanggal 6 Juni, Rute yang akan ditempuh Surabaya-Bitung-Guam dan Hawai.

“Latihan multilateral ini digelar setiap dua tahun antara US. Navy dengan Negara Indo-Pasifik di bawah kendali Armada ke III US. Navy. Sebanyak 26 negara turut berpartisipasi, dengan alutsista 38 Kapal Perang, 4 Kapal Selam,170 pesawat, 9 pasukan pendarat. Secara keseluruhan melibatkan 25 ribu personel ” jelasnya.

Nantinya, lanjut Iwan di Hawaii Satgas akan melaksanakan tahap Harbour Phase selama 16 hari sebelum mulai latihan Sea Phase selama 22 hari di laut. Latihan akan berfokus pada beberapa hal diantaranya operasi amphibi, penembakan meriam, rudal, anti kapal-selam, dan pertahanan udara, serta operasi anti perompakan, pembersihan ranjau, pemushanan bahan peledak, serta operasi penyelaman dan penyelamatan.(man/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs