Rabu, 10 Agustus 2022

17 Mahasiswa Eropa Pelajari Penyakit Tropis di FK Unair

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Sebanyak 17 mahasiswa Kedokteran asal Eropa bersama jajaran civitas FK Unair kerjasama stundent inbound, Rabu (6/7/2022). Foto : Manda Roosa suarasurabaya.net

Sebanyak 17 mahasiswa dari tujuh negara di Eropa mengikuti shortcourse atau student inbound di Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

Ke 17 mahasiswa ini berasal dari beberapa negara di antaranya, Ukraina, Prancis, Polandia, Spanyol, Rumania, Norwegia dan Lithuania.

Prof. Budi Santoso SpOG (K) Dekan FK Unair mengatakan, dalam satu tahun pihaknya menargetkan sekitar 100 mahasiswa mengikuti student inbound.

“Selama satu bulan para mahasiswa asing yang berasal dari fakultas-fakultas kedokteran di dunia akan mempelajari penyakit khusus yang mungkin tidak ada di negaranya,” jelas Prof. Budi Santoso di Aula FK Unair, Rabu (6/7/2022).

Dia menambahkan, jika fokus studi yang akan dipelajari terutama terkait dengan penyakit yang ada di negara tropis.

“Jadi tujuan student inbound mengenalkan calon-calon dokter ini mengenal variasi penyakit dan menambah pengalamannya, sehingga saat lulus jadi dokter, mereka mengerti tentang penyakit-penyakit yang ada di negaranya sendiri dan di negara lain,” ungkapnya.

Para mahasiswa kedokteran ini, Kata Budi Santoso dibagi dalam berbagai departemen, ada penyakit dalam, ilmu kesehatan anak, bedah dan anatomi histologi.

“Selama sebulan mereka sudah ditentukan apa saja yang dilakukan dan kita berbagi wawasan mengenai penyakit apa saja di Eropa,” ujarnya.

Salah satu peserta student inbound, Laura Munox dari University of Valencia, Spanyol menjelaskan, dengan adanya kesempatan belajar di FK Unair ia mempunyai kesempatan untuk mempelajari jenis penyakit terutama penyakit di negara tropis.

“Di kampus, kami sudah mempelajari tentang gangguan metabolik dan juga mempelajari infeksi, di sini kami berkesempatan mempelajari tropical diseases, ini hal menarik untuk dipelajari,” kata Laura.(man/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suatu Sore di Sembayat Gresik

Sore yang Macet di Raya Nginden

Peserta Pawai Taaruf YPM Sidoarjo di Sepanjang

Kecelakaan Truk Terguling di KM 750 Tol Waru

Surabaya
Rabu, 10 Agustus 2022
25o
Kurs