Jumat, 29 Maret 2024

18 Mahasiswa UK Petra Lolos Program MSIB Kemendikbud Ristek

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Perwakilan mahasiswa UK Petra penerima MSIB batch tiga bersama Dr. Rudy Setiawan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan (tengah) serta perwakilan MSIB pusat, Senin (8/8/2022). Foto: Humas UK Petra

Sebanyak 18 mahasiswa Universitas Kristen Petra (UK Petra) yang berasal dari Communication Science, Accounting, Management, Informatics dan Interior Design, dinyatakan lulus seleksi dan menerima program magang serta Studi Independen Bersertifikat (MSIB).

Program tersebut diberikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), agar para mahasiswa bisa lebih terampil dan bisa secara langsung terjun dalam dunia usaha dan industri.

“Ini kabar yang membanggakan. Dari data yang kami dapat, 18 mahasiswa kami telah bersaing dengan 716.483 mahasiswa dari PTN/PTS di seluruh Indonesia,” kata Sastra Budiharja, Kepala Pusat Karir UK Petra dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Senin (8/8/2022) pagi.

Sastra menambahkan, dalam program MSIB, para mahasiswa mendapat Industrial Experience. Bahkan hasil kerja mereka akan dibayar pemerintah melalui Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Terdapat dua kategori dalam program MSIB, yaitu Magang Bersertifikat dan Studi Independen Bersertifikat. Magang Bersertifikat adalah salah satu pelatihan kerja yang sesuai dengan pengalaman belajar, sedangkan Studi Independen Bersertifikat merupakan pembelajaran dengan tantangan nyata melalui kursus singkat, bootcamp dan lain-lain.

Sastra juga menjelaskan, bahwa program yang hanya bisa diikuti mahasiswa semester lima tersbut memiliki banyak keuntungan.

“Program yang selama satu semester ini, dapat dikonversi menjadi 20 SKS. Selain itu, keuntungan lainnya yaitu bisa mengenal mahasiswa dari universitas lain, kerja bareng sekaligus mendapatkan koneksi langsung dengan perusahaan,” ungkap Sastra.

Nicholas Sebastian Veron, mahasiswa yang lulus magang di salah satu e-commerce dan mulai bekerja pada 11 Agustus 2022, ia bahkan telah mendapatkan fasilitas Macbook untuk bekerja.

“Saya sangat senang. Prosesnya cepat sekali, hanya satu minggu saja. Selain test, saya juga harus melalui dua kali interview,” kata Nicho.

Sebagai informasi, pelepasan duta MSIB UK Petra akan digelar pada Senin (8/8/2022) pukul 09.00 WIB di Sheraton Surabaya Hotel-Ballroom 1 lantai L, jalan Embong Malang no 25 Surabaya.

Sementara itu, Haryo Kusuma Wibawa, Ketua Program MSIB Kemendikbud Ristek juga akan hadir dalam pelepasan tersebut untuk membahas sekilas pandang MSIB. Selain itu, Nurhadi Irbath, ketua kelompok kerja (Pokja) MSIB akan membahas mengenai persiapan yang harus dilakukan jika diterima program MSIB. (des/bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs