Senin, 20 Mei 2024

AHCC Gandeng Kader PKK Sosialisasi Deteksi Kanker Payudara

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Kader PKK bersama dengan Adi Husada Cancer Center (AHCC) melakukan penandatanganan komitmen bersama dukungan kepedulian untuk perempuan Surabaya di Alun-Alun Kota, Minggu (23/10/2022). Foto: AHCC

Kanker payudara menjadi kanker nomor satu di Indonesia bahkan di Kota Surabaya, dengan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat pada tahun 2020 menunjukan ada 1073 kasus yang tercatat.

Untuk itu, Adi Husada Cancer Center (AHCC) sebagai layanan kanker terintegrasi di Indonesia Timur, turut berperan dalam upaya pencegahan kanker payudara dengan melakukan penyuluhan “Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Payudara” di 31 kecamatan kota Surabaya sejak bulan Juli hingga Oktober 2022.

Tidak hanya edukasi tentang penyakit kanker payudara, AHCC memberikan contoh SADARI dengan benar kepada 1701 lebih kader PKK dan memberikan bantuan sebagai Corporate Social Responsibility berupa skrining mammography gratis, sebanyak kurang lebih 300 pemeriksaan bagi kader PKK Surabaya yang memenuhi syarat dan diutamakan yang memiliki Riwayat kanker pada keluarga.

Puncaknya, pada Minggu (23/10/2022) lalu, AHCC mengadakan gelaran olahraga Zumba di Alun-alun Kota Surabaya, yang diikuti masyarakat awam dan kader PKK sebanyak kurang lebih 200 orang. Ini sekaligus menjadi ajang untuk mengajak perempuan di Surabaya berkomitmen untuk peduli tentang kanker payudara lewat mini talkshow yang dipandu oleh Arga Patrianagara dokter spesialis bedah onkologi di AHCC.

“Kanker payudara dapat disembuhkan,asal semakin dini ditemukan akan semakin besar peluang kesembuhannya. Jadi,jangan takut untuk memeriksakan diri jika dari hasil deteksi dini lewat SADARI maupun SADANIS ditemukan hal yang mencurigakan,” ujar dr. Arga dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, Rabu (26/10/2022).

Dalam acara Zumba tersebut, dicanangkan pula komitmen bersama dengan menuliskan dukungan kepedulian untuk perempuan Surabaya di selembar kain yang diinisiasi oleh Rini Indriyani Eri Cahyadi Ketua PKK Surabaya

“Banyak pasien datang berobat ke AHCC sudah dalam kondisi stadium lanjut. Kami berharap lewat acara sosialisasi ini, perempuan Surabaya khususnya lebih dini peduli dengan pencegahan kanker payudara dengan rutin melakukan SADARI setiap bulan dan SADANIS dengan USG payudara maupun mammografi setiap tahun,” kata Emmy Ariani selaku General Manager AHCC.(bil/dfn)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya
Surabaya
Senin, 20 Mei 2024
29o
Kurs