Jumat, 29 Maret 2024

Aiptu Jailani Anggota Polres Gresik yang Menilang Istrinya Sendiri Tutup Usia

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan

Aiptu Jailani, anggota Satlantas Polres Gresik yang dikenal sebagai polisi yang tegas dan profesional dalam menjalankan tugasnya, meninggal dunia dalam usia 53 tahun pada Ahad (17/4/2022) pukul 20.50 WIB.

AKP Engkos Sarkosi Kasatlantas Polres Gresik mengatakan berdasarkan keterangan pihak keluarga, Aiptu Jailani tidak memiliki riwayat penyakit sama sekali.

“Satu jam sebelum beliau meninggal, saya masih telepon beliau. Suaranya masih semangat. Lalu saya dapat kabar dari anggota saya. Awalnya saya tidak percaya, tapi keluarga almahrum membenarkan Pak Jaelani meninggal dunia,” kata Engkos kepada Radio Suara Surabaya, Senin (18/4/2022).

Jenazah Jailani disholatkan di masjid dekat rumah kemudian dimakamkan secara kedinasan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) dekat rumahnya juga.

“Saya saksi hidup bahwa memang benar beliau adalah sosok yang sangat jujur, sangat tegas, dan benar-benar jadi teladan bagi anggota dan saya sendiri. Orangnya tidak pernah neko-neko. Dinas selalu tepat waktu. Di mata saya sebagai pimpinan, tidak ada cela,” ujar Engkos.

Engkos menceritakan, setiap apel pagi dia selalu memanggil Jailani ke depan, untuk menjadi contoh bagi anggota yang lain.

Jailani pertama kali menjalankan tugas kedinasan polisi di Papua. Kemudian pindah ke Kabupaten Gresik pada tahun 1999 sampai sekarang.

Aiptu Jailani pernah menilang istrinya sendiri pada tahun 2012 lalu di Car Free Day Jalan Jaksa Agung Suprapto, Gresik.

Jailani juga pernah menilang kendaraan yang ditumpangi anggota KPK, TNI, hingga perwira Polda Jatim.

Keteladanan Aiptu Jailani membuat Satlantas Polres Gresik populer. Dia pernah diundang sebagai narasumber acara talkshow Mata Najwa dan diusulkan menerima Hoegeng Awards 2022.(iss)

 

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
32o
Kurs