Kamis, 25 April 2024

Aksi Sosial Komunitas Motor Surabaya, Restorasi Kendaraan Tak Layak Pakai

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Restorasi 2 Motor tak layak pakai oleh Bold Riders Surabaya, Jumat (29/4/2022). Foto: Bold Riders Surabaya

Bold Riders Surabaya, sebuah komunitas motor asal Kota Pahlawan, menggelar aksi kepedulian terhadap pekerja jalanan dengan merestorasi atau membongkar total motor yang tidak layak pakai, menjadi kendaraan yang aman dan layak digunakan.

Kegiatan sosial ini dilakukan di bulan Ramadhan yang dirangkai dengan kegiatan buka bersama (bukber) nasional komunitas Bold Riders.

Aksi restorasi motor sendiri, sudah mulai berjalan sejak tanggal 14 April sampai dengan 24 April 2022 lalu.

Dua motor yang direstorasi ini, adalah milik dua pekerja jalanan yang selalu memakai sepeda motornya untuk kelancaran pekerjaan.

“Pertama adalah motor milik seorang bapak-bapak kurir spare part kendaraan, motornya Mio yang sudah cukup lama tahun pembuatannya. Motor ini selalu digunakan keliling-keliling Surabaya dan sekitarnya, tapi kondisinya kurang layak dan tidak safety,” kata Richard Arthur Koordinator Bold Riders Surabaya, Jumat (29/4/2022) dalam keterangan tertulis yang diterima suarasurabaya.net.

Banyak onderdil mesin, termasuk dengan kondisi body yang kurang aman jika digunakan untuk keliling bekerja, karenanya Bold Riders Surabaya memutuskan untuk merestorasi motor tersebut.

Sementara itu, untuk motor kedua yang direstorasi adalah milik seorang sopir, yang selalu dipakai ke tempat kerjanya.

Sama halnya dengan motor pertama milik seorang kurir, motor si sopir ini juga kurang layak jika selalu digunakan di jalan raya. Faktor keamanan menjadi hal yang paling diperhatikan oleh anggota Bold Riders Surabaya untuk motor kedua ini.

“Dua motor yang kami restorasi ini adalah kendaraan yang selalu digunakan oleh dua bapak tadi, jadi mereka menggantungkan pekerjaannya pada sepeda motor ini,” ulasnya.

Affan Harris Shofwanadi Penasehat Bold Riders Surabaya mengatakan, sebelum memutuskan mengambil dua motor untuk direstorasi, tim Bold Riders melakukan pemantauan terlebih dahulu kepada pekerja jalanan yang motornya tidak safety.

Selain Restorasi motor, Bold Riders Surabaya juga menggelar kegiatan sosial lain selama bulan Ramadan, yakni kegiatan ganti oli gratis serta donasi ke salah satu panti asuhan di Kota Pahlawan.

Kegiatan ini merupakan bukti jika anak motor juga banyak melakukan aksi sosial, bukan hanya sekadar kumpul-kumpul saja.

Acara-acara tersebut bahkan secara rutin digelar oleh Bold Riders di seluruh Indonesia, termasuk Bold Riders Surabaya. (bil/faz)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs