Selasa, 7 Mei 2024

Aplikasi ASSIK Mempermudah Warga Surabaya Memperoleh Pekerjaan

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Aplikasi berbasis website Link and Match ASSIK (Arek Suroboyo Siap Kerjo) di Halaman Balai Pemuda Kota Surabaya, Jumat (24/6/2022). Foto : Diskominfo Kota Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya meluncurkan ASSIK (Arek Suroboyo Siap Kerjo) aplikasi berbasis website link and match yang mempertemukan pencari kerja dan perusahaan yang mencari karyawan.

Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya mengatakan, para pelamar tidak perlu membawa berbagai macam berkas, hanya mengisi data diri dan memilih lowongan pekerjaan yang tersedia di situs https://disnaker.surabaya.go.id/assik.

“Ini lebih memudahkan karena calon pelamar hanya perlu mengisi data melalui aplikasi tersebut. Perusahaan dan industri dunia kerja bisa melihat langsung data diri dan keterampilan yang dimiliki oleh calon pelamar,” kata Eri di Halaman Balai Pemuda, Jumat (24/6/2022).

Selain mempermudah masyarakat dalam mengakses dunia kerja di Kota Pahlawan, perusahaan atau industri yang ada di situs ini mengutamakan warga ber-KTP Kota Surabaya.

Eri berharap ke depan para investor perusahaan di Surabaya bisa terus membuka lapangan pekerjaan untuk arek-arek Suroboyo.

“Alhamdulillah hal ini sudah terwujud, karena investornya sendiri mengatakan kalau yang bekerja arek Suroboyo itu enak. Langsung tanggap dan cepat menyelesaikan pekerjaan dengan baik,” ungkap dia.

Ia menambahkan, bagi warga Surabaya yang ingin menjadi entrepreneur, juga bisa berkomunikasi langsung dengan Camat, Lurah, serta Disnaker Kota Surabaya.

“Akan kita sinergikan dengan aset milik Pemkot Surabaya, untuk menyerap tenaga kerja di wilayah sekitarnya. Kita gaungkan melalui program padat karya,” ujar dia.

Sementara itu, Achmad Zaini Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Surabaya mengatakan para pencari kerja bisa menggunakan Link and Match ASSIK sebagai jembatan atau penghubung dengan berbagai perusahaan. Para pencari kerja juga mendapat kesempatan dengan lebih mudah.

“Pada program Link and Match hari ini, ada 57 perusahaan yang bergabung dan ada 1.436 lowongan pekerjaan yang siap di-apply oleh masyarakat. Hari ini terdaftar sekitar 6.000 pelamar kerja mengikuti program ini,” kata Zaini.

Melalui ASSIK, Zaini menambahkan, banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja yang terampil, handal, dan berkompeten, khusus warga ber-KTP Kota Surabaya. Ia berharap, masyarakat Kota Pahlawan bisa merebut berbagai kesempatan kerja untuk menjadi bagian pembangunan.

“Seluruh peluang pekerjaan ini diperuntukkan bagi warga Surabaya, bisa langsung mendaftar dengan mengisi data diri melalui aplikasi dan memilih lowongan pekerjaan yang tersedia,” ujar dia.

Ditemui di lokasi yang sama, Reninta salah satu calon tenaga kerja asal Kecamatan Tambaksari Kota Surabaya mengaku, program Link and Match ASSIK sangat mempermudah dirinya dalam mencari pekerjaan. Ia bahkan tidak perlu menunggu lama, karena data dirinya sudah langsung tersambungkan dengan perusahaan yang dituju.

“Prosesnya sangat mudah, karena semuanya sudah berbasis online. Saya berharap, arek-arek Suroboyo bisa mencoba peluang ini dan mendapatkan pekerjaan yang diinginkan,” kata Reninta. (man/dfn)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Selasa, 7 Mei 2024
26o
Kurs