Jumat, 19 April 2024

Arab Saudi Terima Sejuta Jemaah untuk Musim Haji Tahun 1443 Hijriah

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Jamaah calon haji Indonesia melakukan umrah wajib perdana di Masjidil Haram setelah tiba dari Madinah, Senin (13/6/2022) dinihari. Foto: MCH

Presidensi Umum Arab Saudi untuk Urusan Dua Masjid Suci pada Minggu (19/6) meluncurkan rencana operasional untuk musim haji tahun 1443 Hijriah/2022 Masehi.

Kepresidenan Dua Masjid Suci juga menyatakan kesiapan untuk menerima 1 juta jemaah haji dan telah mengerahkan 10.000 karyawan dan pekerja pria dan wanita untuk melayani para jemaah haji, demikian dalam keterangan tertulis yang dikutip Antara dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Arab Saudi, Senin (21/6/2022).

Sheikh Abdur-Rahman As-Sudais Kepala Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci meluncurkan rencana tersebut di hadapan Tawfiq Al-Rabiah Menteri Haji dan Umrah, dan Letjen Muhammad Abdullah Al Bassami Direktur Direktorat Jenderal Keamanan Publik.

As-Sudais mengatakan bahwa semua topik, layanan, dan program ditindaklanjuti menit demi menit untuk memastikan kualitas tertinggi, melalui serangkaian indikator yang diawasi oleh kepresidenan sepanjang waktu.

Ia mengatakan bahwa kepresidenan telah meluncurkan aplikasi pintar dan platform elektronik yang akan memfasilitasi dan memperkaya pengalaman jemaah haji.

As-Sudais mengungkapkan bahwa jumlah penerima layanan digital ini telah mencapai lebih dari 160 juta.

Ia mengatakan bahwa kepresidenan telah mengalokasikan total 144 gerbang untuk masuknya jemaah ke Masjidil Haram.

Selain itu, Kepresidenan Dua Masjid Suci sedang berupaya untuk mendistribusikan 3 juta botol air Zamzam dalam satu hari di Masjidil Haram, dan 1 juta botol air Zamzam di tempat-tempat suci.

As-Sudais mengatakan bahwa kapasitas operasional penuh kapel ekspansi ketiga, halaman luar dan perluasan kapel Raja Fahd telah selesai.

Halaman Masjidil Haram akan diperuntukkan hanya untuk jemaah haji, dengan alokasi kapel khusus di ruang bawah tanah, dan lantai dasar dan lantai pertama untuk melakukan ritual Tawaf.

Dia mengatakan bahwa kepresidenan telah menerapkan standar tertinggi perlindungan lingkungan dalam layanan yang diberikan di Dua Masjid Suci.

“Alhamdulillah, dipastikan dua musim haji selama dua tahun terakhir bebas dari kasus epidemi di dalam Dua Masjid Suci, mengingat lingkungan Masjidil Haram adalah yang paling steril di seluruh dunia,” kata dia.

Beragam paket layanan telah disiapkan untuk mendukung dan mempermudah pelaksanaan ibadah haji serta memperkaya pengalaman jemaah haji.

Hal itu bertujuan agar para jemaah yang melakukan ibadah haji berada dalam kondisi dan suasana yang baik.

As-Sudais mengatakan bahwa 2.000 kendaraan listrik telah disediakan untuk melayani orang tua dan penyandang cacat, selain menyediakan 500 staf teknik.

Selain itu, Khutbah Arafah akan disiarkan dan diterjemahkan ke dalam 10 bahasa.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs